MENINGKATKAN PENGETAHUAN METAKOGNISI MELALUI MODEL THINK, TALK, WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IVB SD IT AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI

Istiqomah, Siti (2020) MENINGKATKAN PENGETAHUAN METAKOGNISI MELALUI MODEL THINK, TALK, WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IVB SD IT AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (446kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

ABSTRAK Istiqomah, Siti 2019. Meningkatkan Pengetahuan Metakognisi Melalui Model Think, Talk, Write (TTW) Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar; Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing(I) Drs, Faizal Chan, S.Pd., M.Si. (II) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengetahuan Metakognisi, Model Think, Talk, Write(TTW) Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa pengetahuan metakognisi peserta didik di kelas IV B SD IT Ahmad Dahlan Kota Jambi masih kurang dan perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti menemukan dan melihat masalah dalam pengetahuan metakognisi diantaranya peserta didik masih rendah pengetahuan deklarasi, prosedural, dan kondisional. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan metakognisi peserta didik dengan menggunakan model think,talk,write (TTW) di kelas IV B SD IT Ahmad Dahlan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dimana data yang diambil berupa data observasi melalui lember obseravsi meningkatkan pengetahuan metakognisi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Obseravasi, dan Refleksi. Pada saat proses kegiatan pemebelajaran menggunakan model think, talk, write(TTW). Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model think, talk, write(TTW) dapat meningkatkan pengetahuan metakognisi peserta didik kelas IV B SD IT Ahmad Dahlan. Berdasarkan lembar observasi dan tes pengetahuan metakognisi peserta didik menunjukkan adanya peneingkatan, dengan hasil lembar observasi presentase siklus I sebesar 56% dengan predikat Kurang, pada siklus II sebesar 69% dengan predikat Cukup sedangkan presentase hasil tes siklus I sebesar 7,21% pada siklus II meningkat sebesar 7,78%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penegtahuan metakognisi peserta didik dengan menggunakan model think, talk, write(TTW) di kelas IV B SD IT Ahmad Dahlan Kota Jambi. Dapat meningkatkan melalui penggunaan model think, talk, write (TTW). Penelitian ini dilakukan di Kelas IV B SD IT Ahmad Dahlan Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi dan tes dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan melalui observasi dan tes, data di analisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan rumus presentase.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITI ISTIQOMAH HAFSOH
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:22
Last Modified: 08 Apr 2020 04:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11422

Actions (login required)

View Item View Item