PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI

KHASANAH, AMINNATUN (2020) PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK Judul :Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 30 Muaro Jambi Penulis : Aminnatun Khasanah NIM : ERA1D010035 Pembimbing I : Prof.Dr.Hj. Emosda, M.Pd.Kons Pembimbing II : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan keterangan yang diberikan guru, diketahui bahwa sebagian dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 Muaro Jambi, menunjukkan persentase 85% dari 135 siswa kurang termotivasi dalam hal belajarnya. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tidak mengerjakan atau terlambat mengumpulkan tugas, ribut saat proses belajar mengajar berlangsung di kelas, dan kurang memanfaatkan fasilitas penunjang belajar yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengungkapkanapakahterdapatpengaruh yang diberikan layanan informasi terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang diberikan layanan informasi terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 28 siswa, dan kelas VII Csebagai kelompok kontrol dengan populasi sebanyak 27 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik totalsampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 40 item pernyataan. Data yang diperoleh, diolah dengan menggunakan teknik analisis statistik regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 21.0. Hasil dari penelitian ini membuktikanbahwa nilai r2(koefesiensi determinasi) yang diperoleh adalah sebesar 0,015, dan berada pada taraf yang “sangat lemah”. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh sangat lemah yang diberikan layanan informasi terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 30 Muaro Jambi, dengan persentase pengaruh yang diberikan hanya sebesar 1,5%, sisanya sebesar 98,5% dapat dipengaruhi oleh faktor lain atau galat dari percobaan. Hasil pengujian hipotesis penelitian, dengan nilai KDxy sebesar 1,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai KDxy>0. Maka dengan berdasarkan hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa Ha yang berbunyi “Terdapat pengaruh yang diberikan layanan informasi terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 30 Muaro Jambi” terbukti kebenaraanya secara nyata. Kata Kunci : Layanan Informasi, Motivasi Belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AMINNATUN KHASANAH
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:18
Last Modified: 08 Apr 2020 04:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11486

Actions (login required)

View Item View Item