TURNIP, AISYAH FITRIA SYAHARA (2020) PENGARUH KONSEP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP TERHADAP PENGETAHUAN PEDULI LINGKUNGAN MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text (cover)
COVER.pdf - Published Version Download (40kB) |
|
Text (halaman pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (10kB) |
|
Text (daftar isi)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (65kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (103kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (35kB) |
Abstract
ABSTRAK Turnip, Aisyah Fitria Syahara. 2019. Pengaruh Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup terhadap Pengetahuan Peduli Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M. Ed., Ph. D., (II) Ahmad Hariandi S. Pd. I., M. Ag., Kata Kunci: Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup, Pengetahuan peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan peduli lingkungan yang meliputi (1) Perkembangan Pendidikan Lingkungan Hidup. (2) Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup. Penelitian ini dilakukan di Kampus Unja Muara Bulian pada tanggal Agustus sampai dengan September 2019.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi yang berjumlah 180 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Area Probably Sampling jenis Simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 50 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa test dan wawancara. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimen (pre-experimental design) tipe tes awal-test akhir kelompok tunggal (one group pretest-posttest design) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan lingkungan hidup berpengaruh terhadap pengetahuan peduli lingkungan mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Hasil analisis terhadap perhitungan rata-rata nilai posttest setelah diberikannya perlakuan yaitu 70,28 lebih besar dibandingkan dengan nilai pretest 35,57 sebelum diberi perlakuan. Selisih gain 34,71 dan n-gain 0,53 berkategori sedang. Berdasarkan hasil analisis didapatkan thitung sebesar 12,35555 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,012, sehingga diperoleh hasil bahwa thitung = 12, 3555 > ttabel = 2,012, maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan dari penelitian ini terdapat pengaruh konsep pendidikan lingkungan hidup terhadap pengetahuan peduli lingkungan hidup mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar kelas eksperimen Universitas Jambi dari pretest ke posttest
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AISYAH FITRIA SYAHARA TURNIP |
Date Deposited: | 08 Apr 2020 04:19 |
Last Modified: | 08 Apr 2020 04:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11499 |
Actions (login required)
View Item |