DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VIII SMP

Megasari, Della DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VIII SMP. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf

Download (197kB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar matematika karena berpikir kritis merupakan kemampuan untuk mengevaluasi secara sistematik kualitas pemikiran diri sendiri dan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dalam pemecahan masalah matematika materi himpunan di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMPN 19 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan dua orang siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert. Instrumen penelitian dari tes kemampuan berpikir kritis ini berupa lembar tes penyelesaian soal pemecahan masalah matematika materi himpunan, dan wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan hasil tes tertulis dan wawancara, dari keempat subjek ini dapat terlihat hanya tiga subjek yang dapat memenuhi semua tahapan berpikir kritis, yaitu SE1, SI1 dan SI2 dapat dikatakan memenuhi tahapan berpikir kritis karena telah menunjukan mampu mengerjakan tahapan klarifikasi, assesmen, strategi/taktik dan penyimpulan. Sedangkan untuk SE2 hanya dapat memenuhi tiga tahapan saja dalam menggunakan kemampuan berpikir kritisnya, yaitu pada tahapan klarifikasi, assesmen dan penyimpulan. Kata kunci: Berfikir kritis, ekstrovet, introvert, pemecahan masalah, himpunan

Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DELLA MEGASARI
Date Deposited: 13 Apr 2020 02:39
Last Modified: 13 Apr 2020 02:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item View Item