ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STRUKTUR ALJABAR

FITRILIANI, LISA (2020) ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STRUKTUR ALJABAR. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI, DT, DG, DL.pdf

Download (37kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (12kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Jambi dalam menyelesaikan soal Struktur Aljabar materi Ring berdasarkan Prosedur Newman. Kesalahan yang diteliti berdasarkan pada kriteria dalam prosedur Newman terdiri dari reading, comprehension, transformation, process skill, dan encoding. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Jambi Angkatan 2015 yang telah selesai mengontrak mata kuliah Struktur Aljabar dan mendapatkan nilai rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, lembar tes soal dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis yang dilakukan jenis-jenis kesalahan yang muncul saat mahasiswa menyelesaikan soal tes materi Ring adalah (1) kesalahan memahami soal, yang meliputi kesalahan menuliskan diketahui dan ditanya pada soal tetapi tidak sesuai dan kesalahan karena tidak memahami maksud dari soal (2) kesalahan tranformasi, yang meliputi kesalahan karena tidak menuliskan definisi/teori dan kesalahan karena salah dalam menuliskan definisi/teori (3) kesalahan keterampilan proses, yang meliputi kesalahan dalam menggunakan konsep, kesalahan dalam melakukan proses penyelesaian, dan kesalahan tidak melanjutkan proses penyelesaian (4) kesalahan menuliskan jawaban akhir, yang meliputi kesalahan yang dilakukan sebelumnya, kesalahan menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dalam soal, dan kesalahan tidak menuliskan jawaban akhir. Faktor-faktor penyebab kesalahan mahasiswa adalah kurang berlatih soal-soal materi Ring, tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, tidak teliti dalam melakukan proses penyelesaian, dan tidak paham dengan materi soal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LISA FITRILIANI
Date Deposited: 13 Apr 2020 02:56
Last Modified: 13 Apr 2020 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item