Satria A.Y., - (2020) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAN 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, Univeristas Jambi.
Text
Cover.pdf Download (781kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (781kB) |
|
Text
Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf Download (81kB) |
|
Text
BAB I Hal 1-8.pdf Download (110kB) |
|
Text
BAB V Hal 107.pdf Download (54kB) |
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013, penguatan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa diharapkan mampu mengkonstruksi pemikirannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan Keterampilan proses sains dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dan korelasinya dengan keterampilan proses sains siswa pada materi ikatan kimia di SMAN 9 KOTA JAMBI . Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing baik dari guru maupun siswa dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Untuk melihat korelasinya keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan proses sains siswa dilakukan uji korelasi product moment dan uji koefisien determinasi. Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing oleh siswa sebesar 72,66% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 71,86 % dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,586 dengan tingkat hubungan sedang. Hasil uji koefisien determinasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh Kd = 34,304% dengan tingkat hubungan rendah, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik dan berkorelasi dengan keterampilan proses sains siswa pada materi ikatan kimia di kelas X MIPA 1 SMAN 9 KOTA JAMBI.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SATRIA A Y |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 03:05 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 08:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11535 |
Actions (login required)
View Item |