ANALISIS BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS XI DI KOTA JAMBI BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS

ulfa, meutia (2020) ANALISIS BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS XI DI KOTA JAMBI BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI MUTIA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (720kB)

Abstract

Ulfa, Meutia. 2019. Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Di Kota Jambi Berdasarkan Kategori Literasi Sains: Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) (II) Kata Kunci: Bahan Ajar, Fisika, Literasi Sains, Pengetahuan Sains, Sains Sebagai Cara Untuk Menyelidiki Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ruang lingkup literasi sains dan untuk melihat aspek konteks, konten, kompetensi dan sikap pada buku ajar fisika SMA kelas XI di Kota Jambi. Kemampuan seorang siswa dalam penguasaan ilmu-ilmu pengetahuan dan sains di dalam suatu proses pembelajaran diistilahkan sebagai kemampuan literasi sains. Literasi sains merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dikuasai setiap individu karena hal ini berkaitan erat dengan bagaimana seseorang dapat memahami lingkungan hidup dan masalah-masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern yang sangat bergantung pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk juga masalah sosial kemasyarakatan (Kurnia, dkk. 2014:43). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada analisis buku ajar Fisika SMA Kelas XI di kota Jambi berdasarkan literasi sains. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh bahan ajar fisika yang berbentuk buku dan memenuhi kriteria dan dianalisis didasarkan pada kompetensi-kompetensi dasar yang berlaku.Adapun sampel pada penelitian ini adalah beberapa halaman pada buku yang dianalisis, diambil dengan cara acak. Instrumen yang digunakan sebagai alat untuk membantu menjaring data yang diperlukan yaitu Lembar Observasi yang berisi indikator literasi sains yang diadopsi dari Chiappetta, Fillman & Sethna (1993). Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi fisika yang ada dalam buku teks Fisika SMA kelas XI yang digunakan di SMAN di Kota Jambi memiliki ruang lingkup yang lebih berorientasi pada kategori pengetahuan sains (the knowledge of science) dan sangat kurang menyajikan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat (interaction of science, technology, and society), diperoleh hasil proporsi literasi sains sebagai berikut: (1) pengetahuan sains sebesar 45%, (2) sains sebagai cara untuk menyelidiki 30%, (3) sains sebagai cara untuk berpikir 19%, dan (4) interaksi sains, teknologi, dan masyarakat sebesar 6%. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru hendaknya memahami tema literasi sains beserta indikator-indikatornya sebagai dasar dalam memilih buku yang memiliki kategori literasi sains yang seimbang untuk dijadikan bahan ajar. Dalam hal ini guru harus memilih buku yang dapat mendukung proses pembelajaran siswa agar lebih aktif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MEUTIA ULFA
Date Deposited: 27 Apr 2020 03:28
Last Modified: 27 Apr 2020 03:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11556

Actions (login required)

View Item View Item