Pengembangan e-Magazine Menggunakan 3D Pageflip Professional Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk Siswa Kelas X MIPA MA Laboratorium Kota Jambi

Rosmaida, Suci and epinur, epinur and Yusnaidar, Yusnaidar (2020) Pengembangan e-Magazine Menggunakan 3D Pageflip Professional Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk Siswa Kelas X MIPA MA Laboratorium Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (768kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang pesat. Dengan semakin berkembangnya teknologi memungkinkan semua orang dapat berkomunikasi dan bertukar informasi dengan mudah, hal ini dapat dimanfaatkan dalam pendidikan sebagai sarana yang dapat mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat membangkitkan motivasi, minat, dan meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya serta memudahkan siswa dalam mendapatkan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan e-Magazine dengan menggunakan 3D Pageflip Professional pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di MA Laboratorium Kota Jambi dan mengetahui respons siswa kelas X MIPA terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi, dan juga dilakukan penilaian oleh guru, selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni 15 orang siswa kelas X MIPA MA Laboratorium Kota Jambi. Hasil Penelitaian menunjukkan bahwa penelitian e-Magazine menurut ahli media, ahli materi, dan penilaian guru masing-masing diperoleh rerata skor jawaban sebesar 4,6 (sangat baik); 4,5(sangat baik); dan 4,6 (sangat baik) selanjutnya persentase skor respons siswa diperoleh sebesar 88,4% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi dan hasil penelitian, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-Magazine ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: SUCI ROSMAIDA
Date Deposited: 08 May 2020 15:29
Last Modified: 08 May 2020 15:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11620

Actions (login required)

View Item View Item