Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Asam Basa dan Korelasinya dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Al Falah Jambi

Rachel, Arifah and Fuldiaratman, Fuldiaratman and epinur, epinur (2020) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Asam Basa dan Korelasinya dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Al Falah Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Kurikulum 2013 memiliki salah satu visi yaitu membentuk siswa yang berliterasi. Dalam tataran implementasi kurikulum menjadi tanggung jawab guru sebagai pengajar. Guru harus mampu mewujudkan siswa yang berliterasi sains melalui pembelajaran sains. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai solusi untuk meningkatkan literasi sains siswa yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi asam basa dan korelasinya dengan kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA SMA Islam Al Falah Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren (pengumpulan data kuntitatif dan kualitatif dalam satu waktu). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning oleh guru maupun siswa dan tes esai kemampuan literasi sains siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan kemampuan literasi sains siswa dilakukan uji korelasi product moment dan analisis koefien determinasi. Keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning oleh siswa sebesar 66,60% dengan kategori baik dan kemampuan literasi sains siswa sebesar 63,42% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan literasi sains diperoleh rxy = 0,701 dengan kriteria interpretasi kuat. Hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 49,14% dengan kriteria interpretasi sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terlaksana dengan baik dan berkorelasi dengan kemampuan literasi sains siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA 2 SMA Islam Al Falah Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Arifah Rachel
Date Deposited: 08 May 2020 15:27
Last Modified: 08 May 2020 15:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item