PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA TOPIK HUTAN ADAT MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Kurniawati, Eka Feri (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA TOPIK HUTAN ADAT MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Repository Unja. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL JURNAL EKA FERI KURNIAWATI (A1D116085).pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/c

Abstract

Kearifan lokal merupakan warisan budaya yang di dalamnya melekat nilai-nilai luhur. Nilai-nilai tersebut berperan dalam pembentukan karakter seseorang. Sehingga perlu untuk diperkenalkan dan diwariskan keberadaanya. Usia peserta didik di sekolah dasar dapat menjadi sasaran dalam pembentukan karakter melalui nilai-nilai yang terdapat pada kearifan lokal. Nilai-nilai tersebut dapat diintegrasikan dengan pembelajaran yang terdapat di sekolah dasar. Salah satu kearifan lokal yang dapat diperkenalkan adalah kearifan lokal Hutan Adat. Hutan Adat merupakan suatu simbol dari bentuk nilai-nilai kearifan yaitu, menjaga kelestarian lingkungan alam yang memiliki dampak kepada manusia itu sendiri. Nilai-nilai yang terdapat pada kearifan lokal Hutan Adat tersebut dapat dikaitkan dengan pembelajan sains (IPA) yang terdapat di sekolah dasar. Muatan materi tersebut dapat dikembangkan dalam sebuah modul pembelajaran, dengan mengikuti perkembangan teknologi dikemas menjadi modul elektronik. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri No.80/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VB Sekolah Dasar Negeri No.80/I Muara Bulian. Hasil pada penelitian ini yaitu mengetahui tingkat kepraktisan modul elektronik berbasis etnokonstruktivisme yang dikembangkan. Hasil kepraktisan modul elektronik tersebut diperoleh dengan menggunakan angket respon, persepsi, dan minat peserta didik serta respon guru. Pada hasil angket respon termasuk ke dalam kategori Praktis dengan persentase 80%. Hasil angket persepsi tersmasuk kedalam kategori Praktis dengan persentase 78%. Sedangkan hasil angket minat termasuk ke dalam kategori Sangat Praktis dengan persentase 81%, dan pada respon guru mendapatkan jumlah skor 72 termasuk dalam kategori Praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik pembelajaran sains berbasis etnokonstruktivisme Hutan Adat menggunakan aplikasi 3D PageFlip Professional untuk kelas V sekolah dasar praktis dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun saran yang diberikan adalah dapat mengembangkan lebih banyak pembalajaran yang diintegrasikan dengan kearifan lokal. Kata Kunci: Modul Elektronik, Etnokonstruktivisme, Hutan Adat, 3D PageFlip Professional

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: EKO KUNTARTO
Date Deposited: 08 May 2020 15:39
Last Modified: 08 May 2020 15:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11639

Actions (login required)

View Item View Item