PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISIME TOPIK LUBUK LARANGAN PADA TEMA IV SEHAT ITU PENTING MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Anandari, Qalbi Shanaz (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISIME TOPIK LUBUK LARANGAN PADA TEMA IV SEHAT ITU PENTING MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Repository Unja. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL QALBI SHANAZ ANANDARI (A1D116076).pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul elektronik berbasis etnokonstruktivisme untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, (2) mengetahui kepraktisan modul elektronik berbasis etnokonstruktivisme, (3) mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap modul elektronik pembelajaran sosial berbasis etnokonstruktivisme untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah Research and Develovment (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE, yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Develovment (4) Implementation (5) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 112/I Peruma. Instrumen penelitian ini berupa angket validasi, angket respon guru dan angket respon siswa yang terdiri dari angket minat dan angket persepsi. Angket validasi modul elektronik menggunakan skala Likert dengan 4 skala yang dibuat dengan bentuk checklist dan angket guru serta peserta didik menggunakan skala Likert dengan 5 skala dan dibuat dengan bentuk checklist. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) modul elektronik untuk siswa kelas V Sekolah Dasa berbasis etnokonstruktivisme dengan tema “Sehat Itu Penting” yang dikembangkan dengan menganlisis kebutuhan siswa kelas V SD Negeri 112/I Perumnas yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Modul yang dihasilkan berupa flipbook dengan format .exe yang dikemas dalam aplikasi Kvisoft Flipbook Maker, (2) kualitas modul elektronik yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,71 dengan kriteria produk Sangat Valid, sedangkan penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,8 dengan kriteria Sangat Valid, penilaian bahasa mendapat skor 3,88 dengan kriteria Sangat Valid, penilaian guru masing-masing mendapat skor 57,58 dan 56 dengan kategori Sangat Valid. Hasil penilaian peserta didik terhadap modul yakni sebesar 89,26% dengan kategori Sangat Praktis, hasil angket minat sebesar 95,56% dengan kategori Sangat Praktis dan angket persepsi sebesar 92,83% dengan kategori Sangat Praktis. Hasil dari deskripsi peneliti dalam keterlaksaan modul elektronik menunjukkan bahwa modul elektronik secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Kata Kunci : Modul elektronik, Etnokonstruktivimse, Kvisoft Flipbook Maker.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: EKO KUNTARTO
Date Deposited: 08 May 2020 15:40
Last Modified: 08 May 2020 15:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item