PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS ETNOKONTRUKTIVISME DALAM TOPIK LACAK DAN TENGKULUK MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Marlina, Marlina (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS ETNOKONTRUKTIVISME DALAM TOPIK LACAK DAN TENGKULUK MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Repository Unja. (Unpublished)

[img] Text
MARLINA A1D116068.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Kearifan lokal merupakan nilai-nilai budaya suatu daerah yang perlu dilestarikan karena memuat nilai-nilai yang dapat membentuk karakter peserta didik. Salah satu kearifan lokal yang terdapat di Provinsi Jambi yaitu Lacak dan Tengkuluk. Lacak dan Tengkuluk memiliki nilai-nilai seperti interaksi dan komunikasi yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran sosial. Oleh karena itu, sangat diperlukan bahan ajar pembelajaran sosial yang berbasis etnokonstruktivisme Lacak dan Tengkuluk. Seiring dengan perkembangan TIK, maka bahan ajar dikembangkan dalam bentuk modul elektronik yang layak dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VC Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan modul elektronik berbasis budaya lokal yang diperoleh dari respon guru kelas VA mendapatkan jumlah skor nilai 57 dengan kategori “sangat praktis”, angket respon guru kelas VB mendapatkan jumlah skor nilai 61 dengan kategori “sangat praktis”, angket respon guru kelas VC mendapatkan jumlah skor nilai 62 dengan kategori “sangat praktis”, dan angket respon guru kelas VD mendapatkan jumlah skor nilai 61 dengan kategori “sangat praktis”. Sedangkan hasil penilaian angket respon peserta didik kelas VC SD Negeri 13/I Rengas Condong dengan persentase nilai sebesar 85,85% yang termasuk kategori “sangat praktis”, angket minat peserta didik kelas VC SD Negeri 13/I Rengas Condong dengan persentase nilai sebesar 83,4% yang termasuk kategori “sangat praktiss”, dan angket persepsi peserta didik kelas VC SD Negeri 13/I Rengas Condong dengan persentase nilai sebesar 84,7% yang termasuk kategori “sangat praktiss”. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik pembelajaran sosial berbasis etnokonstruktivisme lacak dan tengkuluk menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker untuk kelas V sekolah dasar valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat mengenalkan kebudayaan daerah yang ada pada Kota Jambi khususnya Lacak dan Tengkuluk.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: EKO KUNTARTO
Date Deposited: 08 May 2020 15:40
Last Modified: 08 May 2020 15:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

View Item View Item