SARGANDI, M (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, FKIP.
Text
cover.pdf Download (212kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (506kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (373kB) |
Abstract
Sargandi. M. 2020. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik Di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, M.Si, Pembimbing (2) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci: Strategi guru, Berpikir Divergen Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik di sekolah dasar. Penelitian dilakukan pada kelas IV SD Negri 111/I Muara Bulian pada tanggal 02 Desember sampai 15 Februari 2020. Data penelitian ini diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik analisis model Miles dan Humberman yang terdiri atas reduksi, penyajian dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik dapat melalui model, pendekatan, dan metode pembelajaran. Untuk penggunaan model sendiri menggunakan kooperatife tipe jigsaw dan problem base learning. Pendekatan sendiri menggunakan MIKiR, dan banyak menggunakan metode diskusi dan penugasan. 2. Dalam hal kemampuan berpikir divergen sendiri sudah terlihat kempuan tersebut secara signifikan meningkat. Beberapa hal yang mampu membuat kemampuan berpikir ini menigkat yaitu disebabkan pengoptimalan strategi pembelajaran oleh guru serta pembiasaan kepada peserta didik untuk mampu berpikir dengan baik. 3. Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat kemampuan berpikir divergen sendiri diantaranya : IQ dari peserta didik, sarana dan prasaranan, serta keikut sertaan orang tua dalam meningkatkan kemampuan berpikir dari peserta didik itu sendiri. Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir divergen dengan cara pengoptimalan strategi, yang mana dari hasil pengoptimalan strategi sendiri akan menghasilkan kemampuan berpikir divergen yang meningkat secara signifikan dalam proses pembelajaran. Beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik, namun faktor penghambat tersebut tidak menjadi suatu masalah bagi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik disekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | M. Sargandi |
Date Deposited: | 08 May 2020 15:24 |
Last Modified: | 08 May 2020 15:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11646 |
Actions (login required)
View Item |