STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN MORAL PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

DWI RISKI, ROSI (2020) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN MORAL PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Riski,R. 2020. Strategi Guru Dalam Menanamkan Moral Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Moral Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam menanamka moral peserta didik di kelas IV sekolah dasar, moral peserta didik di kelas IV sekolah dasar dan faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman moral peserta didik di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas IVA SDN 64/1 Muara Bulian pada 03 Desember 2019 sampai 15 Februari 2020. Data daam penelitian ini diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik model Milles dan Huberman yang terdiri dari Reduksi Data, Penyajian Data dan Pengambilan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Strategi guru dalam menanamkan moral peserta didik. Moral knowing (pengetahuan tentang moral) yaitu dengan cara guru sebagai model (modeling) dan pemberian teguran, penanaman sikap kedisiplinan dan pemberian hukuman (punishment), pengenalan lingkungan, teori dan penjelasan dan melalui tulisan-tulisan yang dipajang didalam maupun diluar kelas. Moral Feeling (perasaan tentang moral) yaitu melalui kegiatan sosialdan pemberian kepercayaan dan motivasi. Moral Action (perilaku tentang moral) yaitu melalui pembiasaan dan pengarahan, buku agenda sholat, sholat dhuha, kegiatan islamic school setiap pagi Jum’at dan peringatan hari besar islam (PHBI). Adapun hasil dari penanman moral terhadap peserta didik dengan berbagai strategi yang diterapkan oleh guru ialah peserta didik menjadi lebih baik bisa dilihat dari tingkah laku peserta didik yang sopan dalam mengikuti pembelajaran, disiplin, saling menghargai, bertanggung jawab, saling membantu antar sesama, percaya diri untuk tampil, memiliki sikap rendah hati, menghormati orang yang lebih tua, mengucapkan salam sebelum memasuki ruangan kelas dan berdoa sebelum memulai pembelajaran dan terkadang setelah berdoa dilanjutkan dengan membacakan sholawat, peserta didik juga selalu melaksanakan sholat dhuha. Kemudian untuk faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan moral terhadap peserta didik ialah untuk faktor pendukung dalam penanaman moral peserta didik yakni peran orang tua, peran guru dan fasilitas sedangkan faktor penghambat dalam penanaman moral peserta didik ialah lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, kehendak/kemauan (iradah) dan keadaan lingkungan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ROSI DWI RISKI
Date Deposited: 09 May 2020 05:23
Last Modified: 09 May 2020 05:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item