MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS DENGAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DI KELAS V SEKOLAH DASAR

CITRA, ISLAMI (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS DENGAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER CITRA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Citra, Islami. 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Dengan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Prodi Pedidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pemimbing: (1) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I. M.Ag Kata kunci: meningkatkan, kemampuan membaca kritis, metode SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis peserta didik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian pada bulan Desember 2019 sampai bulan Februari 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara tes, observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan peserta didik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian. Setelah diadakan pengumpulan data, peneliti melakukan analisis dari data yang diperoleh dari kegiatan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca kritis peserta didik dari tindakan penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Pada siklus I pertemuan I hasil dari penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis yaitu terdapat persentase keberhasilan 64%, dan pada siklus I pertemuan II terjadi sedikit peningkatan yaitu memperoleh presentase keberhasilan 65%. Peneliti melakukan analisis observasi dan wawancara dari kegiatan siklus I untuk dijadikan refleksi yang dilanjutkan disiklus II agar dapat mencapai keberhasilan dari penelitian tindakan kelas. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase keberhasilan kemampuan membaca kritis peserta didik yaitu 80%, Persentase tersebut diperoleh dari hasil rekapitulasi pertemuan I dan II siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu meningkatkan kemampuan membaca kritis dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat memenuhi kriteria keberhasilan dari penelitian tindakan kelas. Perolehan hasil penelitian ini menyarakan agar guru dapat menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam kegiatan membaca kritis pada proses pembelajaran, maupun pada kegiatan membaca lainnya. Selain itu guru sebagai pemegang peran penting dalam menjalakan kegiatan pembelajaran dikelas lebih memperhatikan metode yang cocok dan bervariasi untuk kegiatan pembelajaran peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Islami Citra
Date Deposited: 09 May 2020 05:22
Last Modified: 09 May 2020 05:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11651

Actions (login required)

View Item View Item