Karakter Gemar Membaca (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas III di Sekolah Dasar)

Liza, Nurma (2020) Karakter Gemar Membaca (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas III di Sekolah Dasar). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)

Abstract

ABSTRAK Nurmaliza. 2020. Karakter Gemar Membaca (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas III di Sekolah Dasar): Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Faisal Chan, S.Pd., M.Si, (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Studi Kasus, Karakter Gemar Membaca Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 155/1 Sungai Buluh pada kelas III. Ingin mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi peserta didik kelas III tidak gemar membaca dan solusi agar peserta didik kelas III gemar membaca. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi, wawancara tentang karakter gemar membaca, serta dokumentasi hasil wawancara dan observasi. Setalah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis terhadap pengumpulan data tersebut secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi peserta didik kelas III tidak gemar membaca adalah: 1) Perpustakaan jarang sekali dibuka oleh penjaga sekolah. 2) Tata letak buku diperpustakaan tidak rapi. 3) waktu luang peserta didik digunakan untuk bermain. 4) Madding tidak digunakan sebagaimana mestinya. Kesimpulan pada penelitian ini adalah : 1) Sumber buku yang ada di perpustakaan banyak sekali, seperti buku umum, buku tentang cerita dan lain sebagainya. Hanya saja peserta didik kurang minat untuk mengunjungi perpustakaan hal ini dikarenakan waktu mereka dihabiskan untuk bermain dengan teman-temannya. 2) Beberapa minggu perpustaakan dipakai untuk ruang kelas dikarenakan ada pembaruan untuk salah satu ruang belajar. Upaya dalam menumbuhkan karakter gemar membaca adalah kelas hendaknya dilengkapi dengan fasilitas yang belum ada, seperti pojok baca dan media pohon literasi sehingga peserta didik bisa berkumpul bersama teman-temannyadan membaca bahan bacaan didalam kelas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Nurmaliza
Date Deposited: 08 May 2020 15:23
Last Modified: 08 May 2020 15:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11654

Actions (login required)

View Item View Item