PENGARUH PENYEGAR PEMBELAJARAN (ICE BREAKING) TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Kalila, Siti (2020) PENGARUH PENYEGAR PEMBELAJARAN (ICE BREAKING) TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHA1.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN KALILA.pdf

Download (21kB)
[img] Text
SITI KALILA BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Kalila,Siti. 2020. Pengaruh Penyegar Pembelajaran (Ice Breaking) terhadap Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Destrinelli, M. Pd., (II) Agung Rimba Kurniawan, S. Pd., M. Pd., Kata kunci: Penyegar Pembelajaran (Ice Breaking), motivasi peserta didik, pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh (ice breaking) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar dan mengetahui tipe ice breaking yang disuka peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada peserta didik dan observasi dengan peserta didik bidang pembelajaran matematika. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VA sebanyak 28 peserta didik dan teknik pengambilan sampel dalam penelitin ini menggunakan jenis Sampling Purposive. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian didapat t_hitung= 38,505 dan t_tabel= 1,70562 serta df=26. Jadi, nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel maka dapat disimpulkan kriteria pengujian dapat diterima. Kriteria pengujian terima H_0 jika t_hitung≤ t_tabel, untuk harga lain H_0 ditolak. Karena t_hitung≥ t_tabel (38,505≥ 1,70562) berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Jadi, penggunaan penyegar pembelajaran (Ice breaking) berpengaruh signifikan terhadap motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar. Penyegar pembelajaran (ice breaking) menggunakan media lebih tinggi dibanding dengan tanpa media. Maka dapat disimpulkan bahwa penyegar pembelajaran (ice breaking) menggunakan media di suka oleh peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Kesimpulan terdapat pengaruh penyegar pembelajaran (ice breaking) terhadap motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar dan penyegar pembelajaran (ice breaking) menggunakan media adalah yang di sukai peserta didik kelas VA SD Negeri 112/1 Perumnas Kecamatan Muara Bulian.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Siti Kalila
Date Deposited: 08 May 2020 15:22
Last Modified: 30 Jun 2020 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item