PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MIKiR PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Oktavia, Amalia (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MIKiR PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER..pdf

Download (20kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1..pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB V...pdf

Download (12kB)

Abstract

Oktavia. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis MIKiR Tema 2 selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi di kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I, (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik Sekolah Dasar, MIKiR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis MIKiR pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi di Kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55/I Sridadi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Deveoment) dengan Model pengembangan ADDIE, dengan subjek penelitian peserta didik kelas IVC SD Negeri 55/I Sridadi. Data penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu: Validasi media, validasi pembelajaran dan validasi bahasa. Kepraktisan produk diperoleh dari angket respon siswa dan angket respon guru keefektifan produk diperoleh dari hasil uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan menggunakan model addie, tingkat validitas produk yang diperoleh validator pembelajaran memperoleh rata-rata 80 % berada pada kategori sangat “valid”, validator bahasa memperoleh rata-rata 77,77 % berada pada kategori “valid” dan validator media memperoleh rata-rata 91,24 % berada pada kategori “sangat valid”. Pada tingkat kepraktisan produk yang diperoleh dari respon pendidik memperoleh rata-rata 74,14% berada pada kategori “sangat baik” dan peserta didik memperoleh rata-rata 89,92 % berada pada kategori “sangat praktis” dan tingkat keefetifan dinyatakan efektif dengan rata-rata keseluruhan nilai N-Gain 0,68 dengan kategori “sedang”. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah LKPD berbasis MIKiR valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan dan dapat diuji cobakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: AMALIA OKTAVIA
Date Deposited: 09 May 2020 05:20
Last Modified: 09 May 2020 05:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11668

Actions (login required)

View Item View Item