PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MIKiR PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 3 ENERGI ALTERNATIF DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mubarok, Muhammad Agus (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MIKiR PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 3 ENERGI ALTERNATIF DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN.pdf

Download (460kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah kurangnya bahan ajar pendukung yang digunakan guru pada proses pembelajaran. Guru hanya menggunakan buku yang disediakan sekolah pada proses pembelajaran, hal itu disebabkan oleh guru tidak mempunyai waktu untuk mengembangkan bahan ajar, sedangkan materi pembelajaran memerlukan bahan ajar yang beragam. Oleh sebab itu peneliti melakukan pengembangan LKPD Berbasis MIKiR Pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif. Tujuan pada pelitian ini adalah untuk menjelaskan prosedur pengembangan dan mengembangkan LKPD Berbasis MIKiR Pada Terma 2 Subtema 3 Energi Alternatif yang valid, praktis, dan efektif.Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE, yaitu: 1) Analysis, kegiatan yang dilakukan adalah menganalisis kurikulum, karakter peserta didik, dan kebutuhan bahan ajar. 2) Design, tahap ini membuant rancangan LKPD yang berdasarkan dengan hasil pada tahap analisis. Rancangan yang dibuat dalam bentuk storyboard dan prototype. 3) Development, pada tahap ini meliputi pembuatan produk, melakukan validasi instrumen, validasi pembelajaran, validasi bahasa, validasi media, dan uji coba kelompok kecil untuk melihat kepraktisan LKPD. 4) Implementation, pada tahap ini LKPD yeng telah dikembangkan akan di uji pada kelompok besar untuk melihat tingkat keefektifannya. 5. Evaluation, tahap evaluasi adalah melakukan kegiatan evaluasi dari setiap tahap pengembangan. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan pada LKPD yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis MIKiR yang dikembangkan berada dalam kategori valid, sangat praktis dan sangat efektif. Hal tersebut terlihat dari: 1) hasil kevalidan produk oleh validator ahli pembelajaran yang mendapatkan skor sebesar 80% (valid), ahli bahasa sebesar 84% (sangat valid) dan ahli media sebesar 88% (sangat valid); 2) hasil kepraktisan produk oleh guru yang mendapatkan skor sebesar 91% (sangat praktis) dan peserta didik sebesar 85% (sangat praktis); serta 3) hasil keefektivan produk melalui pretest dan posttest dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,67 yang termasuk dalam kategori sedang yang menunjukkan tingkat keefektifan LKPD yang telah dikembangkan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MUHAMMAD AGUS MUBAROK
Date Deposited: 09 May 2020 05:19
Last Modified: 09 May 2020 05:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item