PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISME TABUH SEGEGAR BUMI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Piyana, Suci Okta (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISME TABUH SEGEGAR BUMI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)

Abstract

Piyana, Suci Okta. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Matematika Berbasis Etnokonstruktivisme Tabuh Segegar Bumi Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer.nat Asrial, M. Si., (II) Agung Rimba Kurniawan, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik, Etnokonstruktivisme, 3D Pageflip Professional. Kearifan lokal memuat nilai-nilai budaya yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan. Selain itu, kearifan lokal juga mengandung nilai-nilai yang dapat membentuk karakter peserta didik, sehingga kearifan lokal perlu diperkenalkan dan dilestarikan. Salah satu kearifan lokal Provinsi Jambi yaitu Tabuh Segegar Bumi. Tabuh Segegar Bumi memiliki nilai-nilai yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika, sehingga diperlukan bahan ajar pembelajaran matematika yang berbasis etnokonstruktivisme Tabuh Segegar Bumi. Seiring dengan perkembangan TIK, maka bahan ajar dikembangkan dalam bentuk modul elektronik yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VD Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan modul elektronik berbasis budaya lokal yang diperoleh dari respon guru kelas VA mendapatkan jumlah skor nilai 52 dengan kategori “sangat praktis”, angket respon guru kelas VB mendapatkan jumlah skor nilai 55 dengan kategori “sangat praktis”, angket respon guru kelas VC mendapatkan jumlah skor nilai 48 dengan kategori “sangat praktis” dan angket respon guru kelas VD mendapatkan jumlah skor nilai 55 dengan kategori “sangat praktis”. Tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket respon peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 95,5%. Tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket minat peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 94,6%. Sedangkan tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket persepsi peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 94%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik pembelajaran matematika berbasis etnokonstruktivisme Tabuh Segegar Bumi menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional untuk kelas V Sekolah Dasar layak untuk diuji cobakan dalam proses pembelajaran karena termasuk dalam kategori bahan ajar yang valid dan praktis. Disarankan agar guru dapat mengembangkan bahan ajar berbasis budaya lokal untuk materi pembelajaran lainnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: SUCI OKTA PIYANA
Date Deposited: 11 May 2020 02:40
Last Modified: 11 May 2020 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11677

Actions (login required)

View Item View Item