PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISME TRADISI TURUN MANDI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESIONAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Melinda, lia gusti (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISME TRADISI TURUN MANDI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESIONAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (206kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (504kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (192kB)

Abstract

Melinda, 2020. Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Sains Berbasis Etnokonstruktivisme Tradisi Turun Mandi Menggunakan Aplikasi 3D PageFlip Profesional Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Pembimbing I Prof. Dr. rer.nat. Asrial, M.Si. Pembimbing II Hendra Budiono, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik, Etnokonstruktivisme, Tradisi Turun mandi, 3D PageFlip Profesional. Modul Elektronik merupakan salah satu sumber bahan ajar yang dapat digunakan guru dan peserta didik dalam melakukan proses pembelajara. Bahan ajar memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Karakteristik peserta didik sekolah dasar menyukai pembelajaran yang dekat dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Etnokonstruktivisme merupakan model pembelajaran yang bersifat membangun pengetahuan peserta didik berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang ada disekitar mereka. Kurikulum 2013 juga menuntut agar peserta didik aktif dan mengutamakan pendidikan berkarakter. Sehingga perlu adanya bahan ajar pendukung yaitu pembelajaran berbasis etnokonstruktivisme dengan mengaitkan kebudayaan lokal. Kebudayaan lokal memuat nilai-nilai luhur yang dapat membentuk karakter peserta didik, sehingga kebudayaan lokal perlu diperkenalkan dan dilestarikan. Salah satu kearifan lokal yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran yaitu Tradisi Turun Mandi. Tradisi Turun Mandi memiliki nilai-nilai luhur yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran Sains (IPA), sehingga sangat diperlukan bahan ajar pembelajaran Sains yang berbasis etnokonstruktivisme Tradisi Turun Mandi. Seiring dengan perkembangan TIK, maka bahan ajar dikembangkan dalam bentuk modul elektronik yang layak dan praktis. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul elektronik pembelajaran sains berbasis etnokonstruktivisme tradisi turun mandi menggunakan aplikasi 3D PageFlip Profesional untuk kelas V Sekolah Dasar yang valid, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation dengan subjek penelitian peserta didik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 13/I Rengas Condong. Dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan modul elektronik berbasis budaya lokal yang diperoleh dari respon guru kelas VA, VB,VC, dan VD dengan jumlah skor 266 dengan niali rata-rata 66,5% dari 15 pernyataan termasuk kedalam kategori sangat praktis. Sedangkan tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket respon peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor 660 dengan nilai rata-rata 89,8%. Tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket minat peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor 928 dengan rata-rata 88.38%. Sedangkan tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket persepsi peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor 881 dengan rata-rata 83,90%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik pembelajaran sains berbasis etnokonstruktivisme tradisi turun mandi menggunakan aplikasi 3D PageFlip Profesional untuk kelas V sekolah dasar praktis dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan agar guru dapat mengembangkan modul elektronik pembelajaran sains berbasis etnokonstruktivisme pada materi pembelajaran yang lain.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: LIA GUSTI MELINDA
Date Deposited: 11 May 2020 02:40
Last Modified: 11 May 2020 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11679

Actions (login required)

View Item View Item