Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar

Saragih, Erlin Devi (2020) Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABLE, LAMPIRAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)

Abstract

Saragih, Erlin Devi. 2020. Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, M.Si., (II) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Kemampuan Guru, Media Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar Negeri 13/I Rengas Condong dan Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/I Rengas Condong dan SD Negeri 55/I Sridadi pada Januari sampai Februari 2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket kemampuan penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diberikan kepada guru kelas tinggi dengan menngunakan validasi isi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri 13/I Rengas Condong pada kemampuan mengoperasikan komputer/laptop diperoleh skor rata-rata sebesar 70,71 pada kategori tinggi, kemampuan menggunakan internet diperoleh skor rata-rata sebesar 60,05 pada kategori tinggi, kemampuan penggunaan proyektor diperoleh skor rata-rata 63,33 pada kategori tinggi, kemampuan mengoperasikan android diperoleh skor rata-rata sebesar 79,16 pada kategori tinggi, dan keterampilan menggunakan media diperoleh skor rata-rata 60,83 pada kategori tinggi. Dari kelima indikator diatas diperoleh rata-rata persentasinya 68,41% sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar Negeri 13/I Rengas Condong dikategorikan tinggi. Dan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri 55/I Sridadi pada kemampuan mengoperasikan komputer/laptop diperoleh skor rata-rata sebesar 88,21 pada kategori sangat tinggi, kemampuan menggunakan internet diperoleh skor rata-rata sebesar 79,58 pada kategori tinggi, kemampuan penggunaan proyektor diperoleh skor rata-rata 85 pada kategori sangat tinggi, kemampuan mengoperasikan android diperoleh skor rata-rata sebesar 95 pada kategori sangat tinggi, dan keterampilan menggunakan media diperoleh skor rata-rata 68,75 pada kategori tinggi. Dari kelima indikator diatas diperoleh rata-rata persentasinya 83,3% sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi dikategorikan sangat tinggi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ERLIN DEVI SARAGIH
Date Deposited: 11 May 2020 02:35
Last Modified: 11 May 2020 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11684

Actions (login required)

View Item View Item