PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH GURU SEKOLAH DASAR

Sinaga, Irma Sari (2020) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH GURU SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (762kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi oleh guru SD Negeri No. 55/I Sridadi Tahun Pelajaran 2019/2020 terutama dalam pemanfaatan komputer/laptop, LCD proyektor, dan jaringan internet di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 55/I Sridadi pada 6 Januari sampai 15 Februari 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan wawancara dan observasi kegiatan pembelajaran satu guru kelas tinggi dan satu guru kelas rendah. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teori Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi sudah dimanfaatkan di SD Negeri No. 55/I Sridadi, seperti komputer/laptop, LCD proyektor, dan jaringan internet. Pemanfaatan laptop sebagai sarana penyimpanan data digital kegiatan pembelajaran, audio dan visualisasi materi pembelajaran, dan mengemas materi pembelajaran dalam program software berupa microsoft powerpoint, pemanfaatan LCD proyektor untuk menampilkan materi pembelajaran yang berasal dari laptop. Pemanfaatan jaringan internet adalah sebagai sumber belajar lain atau referensi yang diperlukan selama proses pembelajaran. Guru harus selalu mengembangkan kemampuan dalam memanfaatkan media teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, serta dapat meningkatkan minat dan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: IRMA SARI SINAGA
Date Deposited: 11 May 2020 02:34
Last Modified: 11 May 2020 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11685

Actions (login required)

View Item View Item