PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP EMPAT KETERAMPILAN ABAD 21 (BERPIKIR KRITIS, KREATIVITAS, KERJA SAMA, KOMUNIKASI) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

ABDURROHIM, MUHAMMAD (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP EMPAT KETERAMPILAN ABAD 21 (BERPIKIR KRITIS, KREATIVITAS, KERJA SAMA, KOMUNIKASI) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)

Abstract

Abdurrohim, M. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Empat Keterampilan Abad 21 (Berpikir Kritis, Kreativitas, Kerja sama, Komunikasi) Siswa Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd, (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning, Empat Keterampilan Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap empat keterampilan abad 21 siswa kelas V SDN 34/I Teratai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di kelas VA dan VC SD Negeri No. 34/I Teratai pada tanggal 13 Januari – 10 Februari 2020. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuisioner (angket) dan observasi. Setelah data terkumpul, dilakukan uji normalitas dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 26 untuk mengetahui data tersebut berdistribusi normal atau tidak, kemudian dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan menggunakan uji paired sampel t test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 26. Berdasakan hasil analisis uji hipotesis (uji-t) dengan menggunakan paired sample t test, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) berpengaruh terhadap empat keterampilan abad 21. Dengan kata lain, model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan disekolah khususnya dalam menumbuhkan empat keterampilan abad 21 pada siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Muhammad Abdur Rohim
Date Deposited: 11 May 2020 02:25
Last Modified: 26 Jun 2020 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item