Amri, Khairul (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis MIKiR pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Manfaat Energi di Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
cover.pdf Download (45kB) |
|
Text
hlm persetujuan & pengesahan.pdf Download (566kB) |
|
Text
DAFTAR ISI - daftar lampiran.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
Amri, K. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis MIKiR pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Manfaat Energi di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Andi Suhandi, S. Pd., M. Pd. I, (II) Issaura Sherly Pamela, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan MIKiR, Sekolah Dasar Penelitian ini dilakukan karena tidak ditemukan bahan ajar pendukung berupa Lembar Kerja Peserta Didik dalam proses pembelajaran di SD IT Aulia Muara Bulian, sehingga kegiatan percobaan dan pemberian soal yang dilakukan hanya bersumber pada buku guru dan siswa yang telah didistribusikan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis MIKiR Pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 2 Manfaat Energi Di Kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan prosedur pengembangan yang dipilih. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur model pengembangan ADDIE, yakni terdiri atas tahap Analyze (Analisis, meliputi analisis kurikulum, analisis kebutuhan pengembangan, dan analisis karakteristik peserta didik), Design (Rancangan, meliputi pembuatan storyboard produk, prototype produk dan penyiapan instrumen validitas), Development (Pengembangan, meliputi validasi instrumen, validasi ahli pembelajaran, ahli bahasa dan ahli media, serta uji coba kelompok kecil produk pengembangan), Implementation (Implementasi, meliputi uji coba kelompok besar pada seluruh peserta didik kelas IV SD di lokasi penelitian), dan Evaluation (Evaluasi, meliputi evaluasi formatif dan sumatif selama melakukan pengembangan produk). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis MIKiR yang dikembangkan berada dalam kategori valid, sangat praktis dan sangat efektif. Hal tersebut terlihat dari: 1) hasil validitas produk oleh validator ahli pembelajaran dengan perolehan skor sebesar 77% (valid), validator ahli bahasa sebesar 78% (valid), dan validator ahli media sebesar 81% (sangat valid); 2) hasil kepraktisan produk oleh pendidik dengan skor sebesar 95% (sangat praktis) dan peserta didik sebesar 81% (sangat praktis); serta 3) hasil keefektifan produk melalui pretest dan posttest dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi dan berada dalam kategori sangat efektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Khairul Amri |
Date Deposited: | 11 May 2020 01:55 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 08:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11693 |
Actions (login required)
View Item |