Analisis Penggunaan Model Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Research Skill Development dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Materi Reaksi Redoks Kelas X MIPA SMAN 3 Kota Jambi

shinthari, shinthari and Malik, Affan and Sanova, Aulia (2020) Analisis Penggunaan Model Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Research Skill Development dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Materi Reaksi Redoks Kelas X MIPA SMAN 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1.COVER-dikonversi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
4.HALAMAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (213kB)
[img] Text
9.BAB I-dikonversi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
13.BAB V-dikonversi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
14.DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (156kB)

Abstract

Dalam pembelajaran abad ke-21, keterampilan komunikasi menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki dan dikembangkan siswa. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS), dibantu oleh pendekatan Research Skill Development (RSD). Model dan pendekatan ini dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Research Skill Development (RSD) dan pengaruhnya terhadap kemampuan komunikasi siswa pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA SMAN 3, Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran dengan jenis triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, yaitu Kelas X MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian aktivitas guru, lembar penilaian komunikasi lisan siswa pada ranah afektif dan psikomotorik serta tes esai keterampilan komunikasi tulisan siswa. Untuk melihat pengaruh penggunaan model TPS dengan pendekatan RSD terhadap keterampilan komunikasi siswa, dilakukan uji-t sampel berpasangan. Penggunaan model TPS dengan pendekatan RSD oleh guru dan keterampilan komunikasi siswa meningkat setiap pertemuan. Dengan persentase keterampilan komunikasi lisan siswa pada ranah afektif sebesar 66,99% dengan kategori baik dan pada ranah psikomotor sebesar 63,85% dengan kategori baik dan keterampilan komunikasi tulisan siswa sebesar 0,67 pada kategori sedang. Pengaruh penggunaan model TPS dengan pendekatan RSD terhadap keterampilan komunikasi siswa diperoleh t-hitung -25,07 dan t-tabel 2,045. Karena -2,045> -25,07 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan ketuntasan nilai akhir siswa mencapai 70% dari total siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan RSD berjalan dengan baik dan mempengaruhi kemampuan komunikasi siswa pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA 2 SMAN 3 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Shinthari
Date Deposited: 11 May 2020 02:38
Last Modified: 11 May 2020 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11694

Actions (login required)

View Item View Item