Analisi Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Manajemen Kelas Tinggi pada Proses Pembelajaran Tematik-Terpadu

Ismaini, Erni (2020) Analisi Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Manajemen Kelas Tinggi pada Proses Pembelajaran Tematik-Terpadu. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER FIX.pdf

Download (115kB)
[img] Text
PERSETUJUAN .pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR ISI FIX.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI.pdf

Download (153kB)

Abstract

Guru dituntut memiliki empat kompetensi yaitu pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Mengenai aspek kompetensi pedagogik, guru dituntut harus mempunyai keterampilan , salah satunya yaitu guru mampu menata latar (setting) tempat belajar dan mampu melaksankan pembelajaran kondusif. Manajemen kelas merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh guru guna mencapai tujuan pembelajaran. Adanya manajemen kelas yang baik, maka akan menciptakan proses pembelajaran yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan manajemen kelas tinggi di Sekolah Dasar dalam pelaksanaan pembelajaran tematik-terpadu. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi mengenai pelaksanaan manajemen kelas tinggi pada proses pembelajaran tematik dan didukung dengan hasil wawancara yang dilakukan dengan pihak terkait. Analisis data menggunakan triangulasi teknik dengan pendekatan kualitatif serta jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas tinggi di SD Negeri 76/IX Mendalo sebanyak 9 orang. Hasil penelitian berupa deskripsi tentang manajemen kelas dalam pembelajaran tematik-terpadu sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas tinggi SD Negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi memiliki kemampuan dalam melaksanakan manajemen kelas dengan katagori baik. Pembelajaran tematik-terpadu dapat dilaksanakan melalui manajemen kelas yang baik. Tiga komponen manajemen kelas terpenuhi, diantaranya: lingkungan fisik, kondisis sosio-emosional, dan kondisi organsasional. Kesimpulan penelitian adalah dalam implementasi pembelajaran tematik hal yang perlu diperhatikan adalah manajemen kelas. Guru kelas tinggi SD Negeri 76/IX Mendalo memperhatikan manajemen kelas dalam implementasi pembelajaran tematik-terpadu. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar selalu menggunakan kemampuan yang dimiliki guna menciptakan manajemen kelas yang baik, sehingga kelas dapat melaksanakan proses pembelajaran tematik-terpadu dengan baikpula. Kata kunci: manajemen kelas, pembelajaran tematik-terpadu

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Erni Ismaini
Date Deposited: 11 May 2020 01:58
Last Modified: 11 May 2020 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item