Analisis Kemampuan Guru dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa melalui Penerapan Manajemen Kelas Tinggi di Sekolah Dasar

Purwanti, Eka (2020) Analisis Kemampuan Guru dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa melalui Penerapan Manajemen Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER-HALAMAN SAMPUL EKA.pdf

Download (21kB)
[img] Text
PERSETUJUAN-PENGESAHAN EKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN EKA.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB 1 EKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 5 EKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru dalam menumbuhkan disiplin siswa melalui penerapan manajemen kelas tinggi di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penelitian dilakukan pada 5 Desember 2019 s.d 22 Februari 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi sebagai data utama, wawancara dan studi dokumentasi sebagai data pendukung. Uji validitas datanya menggunakan triangulasi teknik, dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas tinggi di SD Negeri 211/IX Mendalo Darat sudah baik dalam menerapkan manajemen kelas. Keberhasilan tersebut dilihat dari kondisi fisik kelas, kondisi sosio-emosional, dan kondisi organisasional. Guru kelas tinggi juga sudah baik dalam menumbuhkan disiplin siswa. Kedisiplinan tersebut ditumbuhkan melalui manajemen kelas. Dari hasil penelitian tersebut, maka disarankan agar guru kelas tinggi lebih memaksimalkan kemampuannya dalam menerapkan manajemen kelas, agar siswa kelas tinggi lebih disiplin. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Disiplin Siswa

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Eka Purwanti
Date Deposited: 11 May 2020 01:57
Last Modified: 11 May 2020 01:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11707

Actions (login required)

View Item View Item