Fitriyani, Piya (2020) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN GERAKAN LITERASI MELALUI KEGIATAN KUNJUNG PERPUSTAKAAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (12kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (6kB) |
|
Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf Download (25kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (134kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
Abstract
Fitriyani, Piya. 2020. Peran Guru Dalam Mengembangkan Gerakan Literasi Melalui Kegiatan Kunjung Perpustakaan: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd.,M.Pd., Kata Kunci: Peran Guru, Gerakan Literasi Sekolah, Kunjung Perpustakaan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah Melalui Kegiatan Kunjung Perpustakaan Di Kelas II SD Negeri 112 Perumnas. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 112/I Perumnas pada Januari dan Februari 2020. Data penelitian di peroleh dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan warga sekolah SD Negeri 112/I Perumnas yaitu guru kelas II B, guru pustaka dan peserta didik. Setelah data diperoleh, data dianalisis menggunakan teknik Miles and Hubberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam mengembangkan gerakan literasi melalui kegiatan kunjung perpustakaan di kelas II SD Negeri 112/I Perumnas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru yaitu pertama, Guru menyediakan sarana dan prasarana pendukung kegiatan literasi seperti buku bacaan, pojok baca, poster-poster, kata-kata motivasi, dan bahan kaya teks lainnya. Kedua, guru dan peserta didik melaksanakan kegiatan literasi secara rutin sesuai dengan jadwalnya agar peserta didik terbiasa. Ketiga, guru mengajak peserta didik melaksanakan kegiatan literasi kunjung perpustakaan sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. Keempat, membimbing peserta didik dalam melaksanakan kegiatan literasi baik di dalam kelas maupun saat kunjungan ke perpustakaan. Kelima, membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan literasi baik di dalam kelas maupun di perpustakaan. Keenam, menanyakan kembali isi bacaan yang telah dibaca peserta didik saat kegiatan Literasi. Ketujuh, memberikan penghargaan bagi peserta didik yang giat dalam membaca. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru mampu mengatasi kendala-kendala yang terjadi dalam kegiatan literasi dikelas maupun kegiatan literasi kunjung perpustakaan dan guru juga harus memperhatikan peserta didiknya dalam melaksanakan kegiatan literasi agar berjalan dengan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PIYA FITRIYANI |
Date Deposited: | 11 May 2020 02:41 |
Last Modified: | 11 May 2020 02:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11709 |
Actions (login required)
View Item |