ANANDARI, QALBI SHANAZ (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISME TOPIK LUBUK LARANGAN PADA TEMA SEHAT ITU PENTING MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER REPOS QALBI A1D11607.pdf Download (19kB) |
|
Text
PENGESAHAN QALBI A1D116076 REPOS.pdf Download (260kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN QALBI A1D116076.pdf Download (27kB) |
|
Text
7. BAB I QALBI A1D116076.pdf Download (318kB) |
|
Text
11. BAB V QALBI A1D116076.pdf Download (114kB) |
Abstract
ANANDARI, 2020. Pengembangan Modul Elektronik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Etnokonstruktivisime Topik Lubuk Larangan Pada Tema IV Sehat Itu Penting Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Program Studi Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (II) Hendra Budiono S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Modul elektronik, Etnokonstruktivimse, Kvisoft Flipbook Maker. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul elektronik berbasis etnokonstruktivisme untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, (2) mengetahui kepraktisan modul elektronik berbasis etnokonstruktivisme, (3) mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap modul elektronik pembelajaran sosial berbasis etnokonstruktivisme untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah Research and Develovment (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE, yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Develovment (4) Implementation (5) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 112/I Peruma. Instrumen penelitian ini berupa angket validasi, angket respon guru dan angket respon siswa yang terdiri dari angket minat dan angket persepsi. Angket validasi modul elektronik menggunakan skala Likert dengan 4 skala yang dibuat dengan bentuk checklist dan angket guru serta peserta didik menggunakan skala Likert dengan 5 skala dan dibuat dengan bentuk checklist. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) modul elektronik untuk siswa kelas V Sekolah Dasa berbasis etnokonstruktivisme dengan tema “Sehat Itu Penting” yang dikembangkan dengan menganlisis kebutuhan siswa kelas V SD Negeri 112/I Perumnas yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Modul yang dihasilkan berupa flipbook dengan format .exe yang dikemas dalam aplikasi Kvisoft Flipbook Maker, (2) kualitas modul elektronik yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,71 dengan kriteria produk Sangat Valid, sedangkan penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,8 dengan kriteria Sangat Valid, penilaian bahasa mendapat skor 3,88 dengan kriteria Sangat Valid, penilaian guru masing-masing mendapat skor 57,58 dan 56 dengan kategori Sangat Valid. Hasil penilaian peserta didik terhadap modul yakni sebesar 89,26% dengan kategori Sangat Praktis, hasil angket minat sebesar 95,56% dengan kategori Sangat Praktis dan angket persepsi sebesar 92,83% dengan kategori Sangat Praktis. Hasil dari deskripsi peneliti dalam keterlaksaan modul elektronik menunjukkan bahwa modul elektronik secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | QALBI SHANAZ ANANDARI |
Date Deposited: | 11 May 2020 02:42 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 07:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11714 |
Actions (login required)
View Item |