PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS ETNOKONTRUKTIVISME DALAM TOPIK LACAK DAN TENGKULUK MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Marlina, Marlina (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS ETNOKONTRUKTIVISME DALAM TOPIK LACAK DAN TENGKULUK MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER 1.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB 5 SIMPULAN IMPLIKASI SARAN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Marlina, 2020. Pengembangan Modul elektronik Pembelajaran Ilmu Sosial Berbasis Etnokontruktivisme Dalam Topik Lacak dan Tengkuluk Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Pembimbing (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Modul Elektronik, Etnokontruktivisme, Kvisoft Flipbook Maker. Kearifan lokal merupakan nilai-nilai budaya suatu daerah yang perlu dilestarikan karena memuat nilai-nilai yang dapat membentuk karakter peserta didik. Salah satu kearifan lokal yang terdapat di Provinsi Jambi yaitu Lacak dan Tengkuluk. Lacak dan Tengkuluk memiliki nilai-nilai seperti interaksi dan komunikasi yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran sosial. Oleh karena itu, sangat diperlukan bahan ajar pembelajaran sosial yang berbasis etnokonstruktivisme Lacak dan Tengkuluk. Seiring dengan perkembangan TIK, maka bahan ajar dikembangkan dalam bentuk modul elektronik yang layak dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VC Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan modul elektronik berbasis budaya lokal yang diperoleh dari respon guru kelasVA mendapatkan jumlah skor nilai 57 dengan kategori “sangat praktis”, angket respon guru kelas VB mendapatkan jumlah skor nilai 61 dengan kategori “sangat praktis”, angket respon guru kelas VC mendapatkan jumlah skor nilai 62 dengan kategori “sangat praktis”, dan angket respon guru kelas VD mendapatkan jumlah skor nilai 61 dengan kategori “sangat praktis”. Sedangkan hasil penilaian angket respon peserta didik kelas VC SD Negeri 13/I Rengas Condong dengan persentase nilai sebesar 85,85% yang termasuk kategori “sangat praktis”, angket minat peserta didik kelas VC SD Negeri 13/I Rengas Condong dengan persentase nilai sebesar 83,4% yang termasuk kategori “sangat praktiss”, dan angket persepsi peserta didik kelas VC SD Negeri 13/I Rengas Condong dengan persentase nilai sebesar 84,7% yang termasuk kategori “sangat praktis”. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik pembelajaran sosial berbasis etnokonstruktivisme lacak dan Tengkuluk menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker untuk kelas V sekolah dasar valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat mengenalkan kebudayaan daerah yang ada pada Kota Jambi khususnya Lacak dan Tengkuluk.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MARLINA
Date Deposited: 11 May 2020 02:59
Last Modified: 11 May 2020 02:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11717

Actions (login required)

View Item View Item