ADRIAN S., FERY (2020) PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (99kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (201kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Fery Adrian S. 2019. Pengaruh Penggunaan handphone sebagai media belajar Terhadap aktivitas Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Muaro Jambi.Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I), Drs.M. Salam, M. Si (II). Dona Sariani, S.Pd, M.Pd Kata kunci: Penggunaan Handphone, Aktivitas Belajar Siswa Produk teknologi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas kehidupan. Keterkaitan manusia pada alat-alat mekanis yang bersifat baru dan mudah digunakan tidak dapat terpisahkan, sesuatu tersebut disebut dengan Handphone. Tidak dapat dipungkiri hampir seluruh siswa sekolah baik menengah hingga dasar pun telah memiliki handphone atau yang sekarang akrab disebut smartphone. Dalam kegiatan belajar, siswa mengalami aktivitas belajar yang berkaitan dengan kegiatan yang mengarah pada proses belajar. Hal ini bisa tercapai apabila siswa aktif dalam proses pembelajaran dan fokus serta berkosentrasi dalam proses belajar. Aktivitas belajar siswa tersebut dapat terganggu oleh beberapa faktor salah satunya terdapat siswa yang menggunakan handphone bukan untuk tujuan memperlancar proses pembelajaran contohnya bermain game ketika disuruh guru mencari materi PPKn. Penggunaan handphone yang baik dan tepat penggunaanya sesuai kebutuhan yang positif dapat membantu aktivitas belajar baik disekolah maupun dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan handphone sebagai media belajar terhadap aktivitas belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas XI IPS SMA N 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dilaksanakan di SMA 1 Muaro Jambi pada siswa kelas XI IPS dengan sampel berjumlah 61 orang siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, diolah dengan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan Microsoft Excel 2007 dan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik dan tepat penggunaan handphone oleh siswa dapat mendukung kelancaran aktivitas belajar. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan penggunaan handphone memiliki pengaruh secara parsial terhadap aktivitas belajar dengan besaran pengaruh dalam uji hipotesis sebesar 0.658 dengan nilai signifiksn 0,000 < α = 0,05. Dalam koefisien determinasi terdapat pengaruh sebesar 0,433 atau pengaruh sebesar 43,3%. Berdasarkan penelitian ini diharapkan penggunaan handphone dapat digunakan secara baik sehingga dapat meningkatkan dalam aktivitas belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | FERY ADRIAN.S |
Date Deposited: | 11 May 2020 03:00 |
Last Modified: | 11 May 2020 03:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11719 |
Actions (login required)
View Item |