Persepsi Guru Pengguna Aplikasi Edmodo sebagai Alat Bantu Kegiatan Belajar di Sekolah Dasar

Wisudawati, Novita (2020) Persepsi Guru Pengguna Aplikasi Edmodo sebagai Alat Bantu Kegiatan Belajar di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER NOVITA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN NOVITA.pdf

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR ISI NOVITA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB 1NOVITA.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB 5 NOVITA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru pengguna aplikasi edmodo sebagai alat bantu kegiatan belajar di SD Islam Al-Falah Jambi. Persepsi guru pengguna aplikasi edmodo ditinjau dari indikator persepsi kebermanfaatan (perceived usefulness), persepsi kemudahan penggunaan (perceived easy of use), dan persepsi kepuasan pengguna (perceived user satisfaction). Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Al-Falah Jambi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengukur persepsi guru pengguna aplikasi edmodo sebagai alat bantu kegiatan belajar. Peneliti memilih teknik sampel jenuh, dikarenakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu seluruh pengguna aplikasi edmodo yang berjumlah 9 orang guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Peneliti mendeskripsikan hasil penyebaran kuesioner dari data yang bersifat kuantitatif. Sebelum dibagikan kuesioner, peneliti melakukan validasi kuesioner dengan menggunakan validasi isi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru pengguna aplikasi edmodo sebagai alat bantu kegiatan belajar di SD Islam Al-Falah Jambi, pada indikator persepsi kebermanfaatan (perceived usefulness), diperoleh pesentase rata-rata sebesar 80,185% berada pada kriteria baik, indikator persepsi kemudahan penggunaan (perceived easy of use), diperoleh persentase rata-rata sebesar 82,98% berada pada kriteria baik, dan indikator persepsi kepuasan pengguna (perceived user satisfaction), diperoleh persentase rata-rata sebesar 84,72% berada pada kriteria baik. Persepsi guru pengguna aplikasi edmodo sebagai alat bantu kegiatan belajar dari tiga indikator diperoleh persentase rata-rata sebesar 81,44%, sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi guru pengguna aplikasi edmodo sebagai alat bantu kegiatan belajar di SD Islam Al-Falah Jambi dikategorikan baik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar kepala sekolah hendaknya terus memberikan fasilitas dan dorongan kepada guru-guru untuk memanfaatkan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) sebagai kepentingan pembelajaran. Disamping itu, guru hendaknya terus memperbanyak ilmu pengetahuan di era digital dan meningkatkan kompetensi yang harus dimiliki guru serta terus menggunakan Aplikasi Edmodo sebagai alat bantu kegiatan belajar di era digital. Kata Kunci: persepsi guru, aplikasi edmodo, alat bantu kegiatan belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NOVITA WISUDAWATI
Date Deposited: 11 May 2020 04:38
Last Modified: 11 May 2020 04:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11720

Actions (login required)

View Item View Item