PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SCRAMBLE DIKELAS II SEKOLAH DASAR

Nurlayly, Chindy (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SCRAMBLE DIKELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (13kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)

Abstract

Chindy Nurlayly. 2020. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode scramble dikelas II Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing, (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci :Peningkatan, Membaca Permulaan, Metode Scramble Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik dikelas II Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan metode Scramble. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 64/1 Muara Bulian pada bulan Januari sampai bulan Febuari 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara tes, observasi, serta dokumentasi dengan peserta didik kelas IIB Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian. Setelah diadakan pengumpulan dat a, peneliti melakukan analisis dari data yang diperoleh dari kegiatan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik dari penerapan metode Scramble. pada siklus I pertemuan I hasil penerapan metode Scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan yaitu persentase keberhasilan 63% dan pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan persentase sebesar 70,13% hasil rekapitulasi siklus I pertemuan I dan II sebesar 67%. Peneliti melakukan analisis observasi dari kegiatan siklus I untuk dijadikan refleksi yang dilanjutkan disiklus II agar dapat mencapai keberhasilan dari penelitian tindakan kelas. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase keberhasilan kemampuan membaca permulaan pada pertemuan 1 sebesar 80,36% dan pada pertemuan II sebesar 81,36% hasil rekapitulasi siklus II pertemuan I dan II sebesar 78%. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan metode Scramble dapat memenuhi kriteria keberhasilan dari penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil peneliltian ini disarankan agar guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Scramble yang bisa membuat pembelajaran lebih mudah dipahami dan mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Chindy Nurlayly
Date Deposited: 13 May 2020 02:23
Last Modified: 13 May 2020 02:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11726

Actions (login required)

View Item View Item