PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DAN IMPLIKASINYA DI SEKOLAH DASAR

Ningsih, Sutria (2020) PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DAN IMPLIKASINYA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)

Abstract

ABSTRAK Ningsih,Sutria. 2020. Problematika Guru Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan ilmu pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr.Drs.Eko Kuntarto, M.Pd., (2) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Problematika, Guru, Penggunaan TIK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana problematika guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan impilikasinya disekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/1 Muara Bulian pada 07 Januari sampai 07 Maret 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif degan jenis studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Problematika guru dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah dasar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam menggunakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Guru mengalami beberapa kendala dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah dasar seperti: kurangnya jumlah infokus yang ada disekolah, komputer atau laptop yang digunakan lamban, listrik yang sering mati mendadak, membutuhkan kabel bantuan seperti HDMI untuk menghubungkan komputer ke LCD Proyektor, Microsoft word digunakan hanya untuk mengetik untuk fitur-fitur yang lain guru kurang memahami cara penggunaanya, untuk penggunaan micrososft excel terbilang lebih rumit seperti dalam melakukan perhitungan secara otomatis, dalam membuat media berbasis TIK harus melakukan pengeditan terlebih dahulu dimana dalam melakukan pengeditan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam menggunakan TIK hal ini ditunjukan dengan belum tercapainya beberapa sub indikator dari aspek yang ditinjau dalam penggunaan TIK sub indikator tersebut yaitu menghubungkan komputer ke internet, menghubungkan komputer ke LCD Proyektor, membuat dokumen dari Microsoft excel, membuat persentasi powerpoint, membuat media pembelajaran berabasis TIK, mengirim e-mail, ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah. Adapun implikasi dari permasalahan tersebut kurangnya kompetensi guru dalam menggunaankan TIK, tidak terbiasanya guru dalam menggunakan perangkat TIK dalam pembelajaran dan kurangnya wawasan guru dalam menggunakan TIK.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Sutria Ningsih
Date Deposited: 13 May 2020 02:22
Last Modified: 13 May 2020 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11729

Actions (login required)

View Item View Item