Minggarwati, Ningrum (2020) Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Permainan Rank One Chemistry Quiz Di Kelas III SD Negeri 80/1 Muara Bulian. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
cover skripsi 1.pdf Download (383kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR ISI skripsi 1.pdf Download (195kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (87kB) |
|
Text
BAB V NINGRUM.pdf Download (66kB) |
Abstract
Minggarwati, Ningrum. (2020). Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Permainan Rank One Chemistry Quiz Di Kelas III SD Negeri 80/1 Muara Bulian: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Faizal Chan,M.Si, (II) Agung Rimba Kurniawan,S.Pd., M.Pd., Kata kunci: Permainan Ranking One Chemistry Quiz, Keaktifan Siswa dan Pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Permainan Ranking One Chemistry Quiz Dalam Pembelajaran IPA dan untuk mengetahui peningkatan Keaktifan Peserta Didik dalam belajar yang diikuti kemampuan peserta didik dalam pembelajaran IPA melalui Permainan Ranking One Chemistry Quiz. Penelitian ini, mengunakan pendekatan penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan McTaggart (1988), yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan reflecting (refleksi). Dalam penelitian tindakan kelas ini, data kualitatif berupa data hasil catatan dan refleksi guru, observasi dengan audio visual, dan catatan siswa. kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan Permainan Ranking One Chemistry Quiz dalam pembelajaran IPA ternyata pada siklus I siswa senang dengan permainan namun belum terlihat aktif dalam pembelajaran pada siklus 2 siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru serta sudah terlihat sebagian siswa aktif dalam mengikuti proses KBM, Selanjutnya melalui permainan Ranking One Chemistry Quiz siswa tertarik dan aktif serta antusias dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga dengan siswa menyenangi pelajaran dapat membuat siswa mengerti dan paham terhadap materi yang disampaikan guru sehingga siswa aktif, hal ini juga dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang meningkat secara signifikan. Beberapa saran-saran adalah upaya perbaikan kualitas menjadi tanggung jawab bersama, mulai dari pemerintah sampai ke level terbawah. Guru sebagai ujung tombak penentu kualitas pembelajaran hendaknya, melakukan perubahan dan inovasi dengan diawali niat yang tulus dan kemauan untuk berubah ke arah yang lebih baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NINGRUM MINGGARWATI |
Date Deposited: | 13 May 2020 02:18 |
Last Modified: | 13 May 2020 02:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11738 |
Actions (login required)
View Item |