PENERAPAN PROGRAM MEMBACA SENYAP DI KELAS III SEKOLAH DASAR

JULIANI, TANIA (2020) PENERAPAN PROGRAM MEMBACA SENYAP DI KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar isi, tabel, gambar, lampiran.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)

Abstract

Juliani, T. 2020. Penerapan Program Membaca senyap di Kelas III Sekolah Dasar:Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd., Pembimbing (2) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci: Membaca senyap, Faktor Pendukung dan Penghambat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Program Membaca Senyap di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Nomor 47/IV Kota Jambi dan faktor pendukung dan penghambat penerapan program membaca senyap. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Nomor 47/IV Kota Jambi pada Januari-Februari 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan jenis studi kasus deskiptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program membaca senyap dilakukan dengan cara mensosialisasikan program, waktu dan tempat, penanda waktu, dan teknis pengadaan buku/bahan bacaan. Dalam pelaksanaanya dilaksanakan selama 1 jam pembelajaran, di hari senin-kamis minimal 2 kali seminggu, dan terdapat kegiatan bertukar informasi dan membuat sinopsis. Dari hasil tersebut guru melakukan evaluasi yaitu dengan melihat pemaham peserta didik terhadap teks yang telah dibacanya, mengetahui pesan moral dan dapat membuat sinopsis. Dari hal tersebut maka dapat dilihat faktor yang mendukung dan menghambat penerapan program membaca senyap. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan program membaca senyap terdapat perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dari hasil perencanaan dan pelaksanaan. Faktor yang pendukung dan penghambat penerapan program membaca senyap ini yaitu minat, intelektual, sarana dan prasarana, suasana yang kondusif, dan keterampilan yang dituntut.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TANIA JULIANI
Date Deposited: 15 May 2020 02:39
Last Modified: 15 May 2020 02:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item