MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SENI ANAK TENTANG KETERTARIKAN TERHADAP KARYA SENI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI KELAS A KB PUTRI BALQIS KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI

RAHMAN, AFRINIA (2020) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SENI ANAK TENTANG KETERTARIKAN TERHADAP KARYA SENI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI KELAS A KB PUTRI BALQIS KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (91kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Rahman, Afrinia. 2020. Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Tentang Ketertarikan Terhadap Karya Seni Melalui Kegiatan Finger Painting Di Kelas A KB Putri Balqis kecamatan Danau Sipin Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Kasmiati, M.Pd., (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag. M.Pd.I. Kata Kunci: Perkembangan Seni, Karya Seni, Finger Painting. Hasil pengamatan peneliti di kelas A KB Putri Balqis terdapat 9 dari 16 orang anak belum optimalnya perkembangan seni terutama ketertarikan terhadap karya seni, hal ini terlihat saat kegiatan berlangsung, dimana sebagian anak belum mau mengerjakan kegiatan, dengan berbagai alasan mereka tidak mengerjakan kegiatan seperti merasa jijik dengan kegiatan yang berbeda dari kegiatan menggambar dengan krayon dan pensil warna. Anak teerlihat lebih nyaman menggunakan pensil dan krayon dalam setiap kegiatan karena bagi anak kegiatan dengan menggunakan pensil dan krayon sudah mereka lakukan sejak awal memasuki sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan seni anak terutama ketertarikan anak terhadap karya seni melalui kegiatan finger painting di kelas A KB Putri Balqis. Pada umumnya anak menyukai seni, dan tanpa disengaja anak dapat menghasilkan karya seni mereka sendiri melalui berbagai bentuk, baik itu tiga dimensi maupun dua dimensi. Finger painting digunakan dalam kegiatan agar anak dapat mengenal kegiatan lain yang menyenangkan selama kegiatan di kelas serta dengan finger painting anak dapat pengalaman baru tentang bentuk dari karya seni. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Perencanaan tindakan, Pengamatan (Observasi) dan Refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas A KB Putri Balqis Kecamatan Danau Sipin yang berjumblah 16 orang anak. Peneliti pelakukan penelitian dengan dua siklus yaitu selama 8 kali pertemuan dimana padasiklus ke dua peneliti memberikan perlakuan yang berbeda berupa perbedaan melalui cara pelaksanaan kegiatan sehingga nampaknya peningkatan hasil karya seni anak selama kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa “kegiatan finger painting dapat meningkatkan perkembangan seni anak terutama ketertarikan anak terhadap karya seni di kelas A KB Putri Balqis Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi”.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AFRINIA RAHMAN
Date Deposited: 15 May 2020 02:34
Last Modified: 15 May 2020 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11778

Actions (login required)

View Item View Item