MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN BINGO DI TK IT AN-NAHL PERCIKAN IMAN JAMBI

Savitri, Wulandari (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN BINGO DI TK IT AN-NAHL PERCIKAN IMAN JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover, persetuan, pengesahan.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Daftar isi, gambar, tabel, lampiran.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Savitri, Wulandari. 2020. Meningkatkan Kemampuan Memahami Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Bingo di TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I, (2) Dr. Dra. Hj. Irma Suryani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Memahami Bahasa, Permainan Bingo Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak usia 4-5 tahun di kelas A TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi yang kemampuan memahami bahasanya belum mencapai indikator sesuai usia mereka. Hal ini ditunjukkan oleh kurangnya kemampuan menyimak bagi anak, dan hal lainnya. Selain itu sekolah juga belum pernah menerapkan permainan bingo. Berdasarkan hasil observasi awal, diperlukan adanya penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan memahami bahasa anak melalui permainan bingo. Permainan bingo dimainkan dengan aturan yang telah ditetapkan seperti guru menyiapkan gambar dan tulisan pada suatu media dan anak berlomba-lomba menjawab pertanyaan dari guru, anak yang dapat menjawab pertanyaan duluan dengan benar, maka akan mendapat reward. Media bingo dapat divariasikan sesuai dengan tema agar tidak membosankan bagi anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Menurut Wiriaatmadja (Taniredja, 2013: 16), Penelitian tindakan kelas adalah bagaimana sekelompok guru dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran, dan belajar dari perngalaman mereka sendiri. Mereka dapat mencoba suatu gagasan perbaikan dalam praktik pembelajaran mereka, dan melihat pengaruh nyata dari pengaruh tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan untuk menguji hipotesis dari penelitian ini. Analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kemampuan memahami bahasa anak sebelum adanya tindakan masih belum berkembang dengan baik dengan nilai 25,5% dalam kategori tidak setuju. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I dengan media papan bingo dan reward stiker, kemampuan memahami bahasa anak meningkat pada pertemuan 4 menjadi 68,9 dengan kategori setuju. Kemampuan memahami bahasa anak meningkat namun belum mencapai tingkat ketuntasan yang telah ditetapkan, oleh karena itu dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus II menggunakan media pendukung tambahan berupa video dan reward tambahan sehingga pada pertemuan ke 4 siklus II terjadi peningkatan sebesar 86,7% dan telah melampaui batas ketuntasan yaitu 80%, oleh karena itu penelitian dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil data yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami bahasa anak usia 4-5 tahun di TK IT An-Nahl Percikan Iman Jambi dapat ditingkatkan melalui permainan bingo dengan media pendukung berupa video dan reward tambahan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WULANDARI SAVITRI
Date Deposited: 15 May 2020 02:30
Last Modified: 15 May 2020 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item