Oktaviani, Ninda (2020) IDENTIFIKASI PENGETAHUAN KONSEP SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SENTRA BAHAN ALAM TK ISLAM AL-FALAH 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Oktaviani, Ninda. 2020.“Identifikasi Pengetahuan Konsep Sains Anak Usia 5-6 Tahun di Sentra Bahan Alam TK Islam Al-Falah 2 Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Dr. Haryanto, M.Kes (II) Dr. Dra. Hj. Irma Suryani, M.Pd Kata Kunci : Identifikasi, Pengetahuan Konsep Sains, Sentra Bahan Alam Sentra bahan alam merupakan sentra yang memberikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi langsung dengan berbagai macam bahan untuk mendukung sensorimotor, selft control, dan sains. Salah satu manfaat dari pembelajaran di sentra bahan alam ini yaitu mendukung anak belajar konsep-konsep sains. Tujuan anak perlu memiliki pengetahuan sains salah satunya yaitu membantu anak agar mampu menerapkan berbagai konsep sains untuk menjelaskan gejala-gejala alam dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang akan berguna bagi dirinya dan orang lain di masa sekarang ataupun di masa yang akan datang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi mengenai tingkat pengetahuan konsep sains anak usia 5-6 tahun di sentra bahan alam TK Islam Al-Falah 2 Kota Jambi. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif survei dengan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Data kuantitatif berupa angka dari hasil angket dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah identifikasi mengenai tingkat pengetahuan konsep sains anak usia 5-6 tahun di sentra bahan alam TK Islam Al-Falah 2 Kota Jambi secara umum berda pada tingkatan “Tinggi” dengan hasil persentase angket sebesar 64% dan hasil persentase observasi sebesar 61%, dan penjabaran hasil penelitian secara khusus yaitu padaindikator mengamati (mengobservasi) hasil persentase angket 74% dan persentase observasi 72%, indikator mengklasifikasi (menggolongkan) mendapat hasil persentase angket 60% dan persentase observasi 53%, indikator meramalkan (memprediksi) mendapat hasil persentase angket dan observasi 51%,indikator mengkomunikasikan mendapat hasil persentase angket 71% dan persentase observasi 67%, serta indikator pengukuran mendapat hasil persentase angket 67% dan persentase observasi 63%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan konsep sains anak usia 5-6 tahun di sentra bahan alam TK Islam Al-Falah 2 Kota Jambi berda pada tingkatan “Tinggi”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NINDA OKTAVIANI |
Date Deposited: | 15 May 2020 02:32 |
Last Modified: | 15 May 2020 02:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11785 |
Actions (login required)
View Item |