Rahayu, Arni Yolanda (2020) MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN SCRABBLE DI TK DHARMA WANITA MENDALO DARAT. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
cover.pdf Download (216kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN-.pdf Download (63kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahayu, Arni Yolanda. 2020. Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Scrabble di TK Dharma Wanita Mendalo Darat. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Mohamad Muspawi, S. Pd.I, M. Pd.I, (2) Dr. Dra. Irma Suryani, M. Pd. Kata Kunci : Penguasaan Kosakata, Permainan Scrabble Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak usia 5-6 tahun di kelas B3 TK Dharma Wanita Mendalo Darat yang penguasaan kosakatanya belum mencapai indikator keberhasilan sesuai tahapan usianya. Hal ini terlihat masih banyak anak yang terbata-bata dalam menyebutkan kata maupun huruf-huruf. Selain hal tersebut, penggunaan media pembelajaran yang digunakan masih monoton sehingga perlu adanya media permainan baru yang dapat digunakan. Salah satunya adalah scrabble yang merupakan permainan menyusun huruf-huruf menjadi sebuah kata. Berdasarkan hasil observasi awal, diperlukan adanya penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata anak melalui permainan scrabble. Permainan scrabble dimainkan dengan aturan yang telah ditetapkan dan telah dimodifikasi sesuai dengan tema. Kemudian anak diperdengarkan rekaman suara sesuai tema dan anak ikut bernyanyi dengan tujuan anak dapat mengingat kata yang akan disusunnya. Setelah permainan selesai, dilanjutkan dengan tanya jawab antara anak dan guru tentang materi yang telah dimainkan oleh anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Menurut Daryanto (2014) bahwa PTK merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dan melalui refleksi diri yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas, sehingga hasil belajar anak dapat ditingkatkan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan lembar observasi. Penguasaan kosakata anak sebelum adanya tindakan masih belum berkembang dengan baik dengan nilai 25,23% dalam kategori sangat tidak setuju. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I dengan menggunakan permainan scrabble mengalami peningkatan pada pertemuan IV menjadi 72,19%. Penguasaan kosakata anak telah mengalami peningkatan namun belum mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan siklus II. Siklus II menggunakan media pendukung berupa iringan musik rekaman suara sesuai dengan kata pada scrabble dan pemberian reward hingga pertemuan IV dan mengalami peningkatan sebesar 88,57% dan telah melampaui batas ketuntasan yaitu 80%, oleh karena itu penelitian dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil data yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Mendalo Darat dapat ditingkatkan melalui permainan scrabble dengan penggunaan media pendukung berupa iringan musik rekaman suara sesuai dengan kata pada scrabble dan pemberian reward.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ARNI YOLANDA RAHAYU |
Date Deposited: | 15 May 2020 02:29 |
Last Modified: | 15 May 2020 02:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11787 |
Actions (login required)
View Item |