MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN BERMAIN KERTAS KOKORU DI TK KEMBAR LESTARI KOTA JAMBI

WIDIYATI, WIDIYATI (2020) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN BERMAIN KERTAS KOKORU DI TK KEMBAR LESTARI KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Widiyati, 2020 “Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bermain Kertas Kokoru Di TK Kembar Lestari Kota Jambi “Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. (II) Dra. Kasmiati, M.Pd. Kata Kunci : perkembangan motorik halus, metode demonstrasi, bermain kertas kokoru Penelitian ini berlatar belakang yaitu perkembangan motorik halus anak di kelas B1 di TK Kembar Lestari Kota Jambi yang masih belum berkembang dengan optimal karena media pembelajaran yang diperlihatkan kepada anak belum memotivasi sehingga anak merasa bosan dan jenuh dengan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui tingkat capaian perkembangan motorik halus sebelum, sesudah pemberian tindakan melalui metode demonstrasi dengan bermain kertas kokoru dan cara bermain kertas kokoru. Manfaat dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui metode demonstrasi dengan bermain kertas kokoru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 42 anak dan sampel dalam penelitian ini adalah 15 anak. Teknik pengumpulan data ini dapat diperoleh dengan dua cara seperti mengisi lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bekerja sama dengan guru kelas untuk mengisi lembar observasi yang telah disediakan setiap pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya metode demonstrasi dengan bermain kertas kokoru mampu meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Hasil pratindakan dengan presentase 25,3% (BB), siklus I pertemuan ke-1 sebesar 30,9% (BB), siklus I pertemuan ke-2 sebesar 33,57% (BB) siklus I pertemuan ke-3 sebesar 35,47% (BB) dan siklus I pertemuan ke-4 38,49% (BB). Walaupun belum mencapai kriteria yang diinginkan pada siklus II pertemuan ke-1 anak mengalami sebuah peningkatan kembali walaupun hasilnya masih belum maksimal dengan presentase sebesar 46,58% (MB). Pada siklus II pertemuan ke-2 sebesar 60,87% (BSH). Siklus II pertemuan ke-3 sebesar 73,805% (BSH). Kemudian pada siklus II pertemuan ke-4 perkembangan motorik halus anak meningkat dilihat bahwa hasilnya sebesar 82,02%. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan penelitian ini adalah perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi dengan bermain kertas kokoru dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan hasil akhir yaitu sebesar 82,02%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WIDIYATI
Date Deposited: 15 May 2020 02:35
Last Modified: 15 May 2020 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item