ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE(PCK) MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER V UNIVERSITAS JAMBI TAHUN 2019/2020

Aprilianti, Suci (2020) ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE(PCK) MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER V UNIVERSITAS JAMBI TAHUN 2019/2020. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover print.pdf

Download (35kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR TABEL LAMPIRAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi Semester V Tahun 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Jambi pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods research design) dan menggunakan pendekatan sequential eksplanatori.Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dan wawancara. Setelah dilakukan penyebaran angket, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian mengenai Pedagogical Content Knowledge mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Semester V Universitas Jambi didapatkanlah hasil presentasi kemampuan Pedagogical Content Knowledge berdasarkan tujuh indikator yaitu pengetahuan tentang peserta didik dan karakteristiknya dengan presentasi 49%, pengetahuan tentang materi pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik 50%, pengetahuan tentang pengembangan kurikulum 53%, pengetahuan tentang strategi pembelajaran 64%, pengetahuan tentang pengembangan potensi peserta didik 58%, pengetahuan tentang komunikasi dengan peserta didik 55%, dan pengetahuan tentang penilaian dan evaluasi 73%. Hal ini menandakan bahwa kemampuan Pedagogical Content Knowledge mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Semester V Universitas Jambi tergolong pada kategori baik. Dari hasil penelitian disarankan mahasiswa agar lebih lagi menguasai materi yang akan diajarkan serta menguasai keterampilan dalam kegiatan belajar mengajar agar mempermudah ketika dihadapkan pada praktik lapangan persekolahan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SUCI APRILIANTI
Date Deposited: 15 May 2020 02:26
Last Modified: 15 May 2020 02:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11794

Actions (login required)

View Item View Item