MENINGKATKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN MELALUI PENCIPTAAN IKLIM KELAS KONDUSIF DI KELAS IVA SD NEGERI 13/I MUARA BULIAN

KURNIAWAN, RAHMAT MENINGKATKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN MELALUI PENCIPTAAN IKLIM KELAS KONDUSIF DI KELAS IVA SD NEGERI 13/I MUARA BULIAN. Jurnal edukasi.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH A1D112046.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Rahmat. 2017. “Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas Kondusif di Kelas IVA SD Negeri 13/1 Muara Bulian”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed, Ph.D dan (II) Drs. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Iklim Kelas Kondusif, dan Karakter Disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan nilai karakter disiplin siswa melalui penciptaan iklim kelas kondusif di kelas IVA SD Negeri 13/I Muara Bulian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 13/I Muara Bulian yang berjumlah 24 orang, dimana 14 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah penciptaan iklim kelas kondusif yang dilakukan secara berdaur atau bersiklus untuk mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian. Dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari tahun ajaran 2016/2017. Indikator disiplin belajar yang diobservasi yaitu (1) Tidak menggunakan waktu belajar untuk main-main, (2) Tidak izin keluar sebelum pembelajaran selesai, (3) Mendengarkan penjelasan guru dengan baik, (4) Mengerjakan tugas yang diberikan guru sesuai petunjuk pengerjaan, (5) Mengumpulkan tugas tepat waktu, (6) Membantu teman yang kesulitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan tindakan penciptaan iklim kelas kondusif diantaranya pengaturan ruangan kelas, pengaturan waktu, pengelompokkan siswa, pelaksanaan piket sebelum dan sesudah kegiatan belajar. Dari penerapan tindakan penciptaan iklim kelas kondusif yang sudah diterapkan tersebut dapat dilihat bahwa hasil observasi disiplin siswa pada siklus 1 sampai dengan siklus 3 terjadi peningkatan. Setelah penerapan penciptaan iklim kelas kondusif pada siklus 1 dengan menggunakan mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia belum sepenuhnya siswa mencapai kriteria ketuntasan dengan skor 75. Pada perbaikan di siklus ke-2 penciptaan iklim kelas kondusif berjalan dengan efektif. Dengan data bahwa ketuntasan kelas mencapai angka 78%. Terdapat peningkatan di setiap pertemuan siklus 1,2 dan 3 dengan jenjang, 46, 51, 78, 78, 86 dan 85. Terbukti terdapat peningkatan yang baik setelah diterapkan penciptaan iklim kelas kondusif di siklus ke-2 dengan mencapai kategori “baik” dengan kriteria keberhasilan kelas 75. Hal ini membuktikan bahwa tindakan penciptaan iklim kelas kondusif dapat meningkatkan nilai karaker disiplin siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RAHMAT KURNIAWAN
Date Deposited: 11 Jul 2017 07:56
Last Modified: 11 Jul 2017 07:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item