Suwandhi, Rattu Priyantini (2020) ANALISIS KETERAMPILAN KERJA TIM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (28kB) |
|
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (243kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (31kB) |
Abstract
Suwandhi, Rattu Priyantini. 2020. Analisis Keterampilan Kerja Tim dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil M.Pd., (II) Agung Rimba Kurniawan S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Keterampilan kerja tim Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kerja tim yang dimiliki peserta didik kela VA dalam proses pembelajaran, serta faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keterampilan kerja tim peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas VA. Teknik pengumpulam data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisis tentang hasil observasi pembelajaran dan wawancara guru dan peserta didik mengenai keterampilan kerja tim. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 64/I Muara Bulian pada bulan Januari-Februari 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik telah memiliki keterampilan kerja tim yang baik. Berdsarkan indikator keterampilan kerja tim peserta didik telah memiliki tanggung jawab bersama dalam menyelesaikan pekerjaan, serta berkontribusi ketika bekerja dalam tim,. Namun peserta didik belum dapat mengerahkan kemampuan dengan maksimal, hal ini terlihat ketika menyelesaikan masalah dalam tim, peserta didik belum mampu meyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat waktu. Faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan kerja tim yaitu faktor kepentingan yang sama, faktor saling pengertian, faktor saling membantu serta tanggung jawab.Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat lebih sering menggunakan metode pembelajaraan kooperaif agar peserta didik mampu mengasah keterampilan kerja tim yang dimilikinya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RATTU PRIYANTINI SUWANDHI |
Date Deposited: | 15 May 2020 02:36 |
Last Modified: | 15 May 2020 02:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11802 |
Actions (login required)
View Item |