PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISME “RUMAH ADAT BATANGHARI” MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Fajar, Muhammad Rizky (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISME “RUMAH ADAT BATANGHARI” MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (159kB)
[img] Text
PENGESAHAN FAJAR.pdf

Download (303kB)
[img] Text
08 DAFTAR ISI,GAMBAR,TABLE,LAMPIRAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
09 BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Fajar, Muhammad Rizky. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Matematika Berbasis Etnokonstruktivisme Rumah Adat Batanghari Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M. Si, (II) Hendra Budiono, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik, Etnokonstruktivisme, 3D Pageflip Professional. Kearifan lokal merupakan budaya setempat yang berhubungan dengan alam sekitar yang perlu dilestarikan dan direvitalisai agar tidak lapuk termakan oleh zaman. Kearifan lokal juga dijadikan sebagai pandangan hidup masyarakat setempat, karenamemuat nilai-nilai yang dapat membentuk karakter peserta didik. Salah satu kearifan lokal yang terdapat di Provinsi Jambi yaitu Rumah Adat Batanghari. Rumah Adat Batanghari memiliki nilai sosial dan nilai religius, serta bentuk dari rumah adat Batanghari dapat dikaitkan dengan pembelajaran Matematika. Oleh karena itu, sangat diperlukan bahan ajar pembelajaran matematika yang berbasis etnokonstruktivisme Rumah Adat Batanghari. Seiring dengan perkembangan TIK, maka bahan ajar dikembangkan dalam bentuk modul elektronik yang layak dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri No. 80/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VA Sekolah Dasar Negeri No. 80/I Muara Bulian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan modul elektronik berbasis budaya lokal yang diperoleh dari respon guru kelasVA mendapatkan jumlah skor nilai 63 dengan kategori “sangat praktis”, angket respon guru kelas VB mendapatkan jumlah skor nilai 63 dengan kategori “sangat praktis”.Sedangkan hasil penilaian angket respon peserta didik kelas VA SD Negeri 80/I Muara Bulian dengan persentase nilai sebesar 85,5% yang termasuk kategori “sangat praktis”, angket minat peserta didik kelas VA SD Negeri 80/I Muara Bulian dengan persentase nilai sebesar 88,1% yang termasuk kategori “sangat praktiss”, dan angket persepsi peserta didik kelas VA SD Negeri 80/I Muara Bulian dengan persentase nilai sebesar 84% yang termasuk kategori “sangat praktiss”. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik pembelajaran sosial berbasis etnokonstruktivisme Rumah Adat Batanghari menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professionaluntuk kelas V sekolah dasar valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat mengenalkan kebudayaan daerah yang ada pada Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MUHAMMAD RIZKY FAJAR
Date Deposited: 15 May 2020 03:09
Last Modified: 30 Jun 2020 03:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item