Maulina, Rika (2020) PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
HALAMAN SAMPUL JUDUL.pdf Download (198kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (110kB) |
|
Text
DAFTAR ISI LENGKAP.pdf Download (376kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (182kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada siswa kelas VF Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 47/IV Kota Jambi pada Januari sampai Februari 2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket penggunaan teknologi informasi dan komunikasi lebih fokus nya yaitu penggunaan smartphone, komputer/laptop, dan internet yang diberikan kepada siswa kelas VF dengan menggunakan validasi isi, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada siswa kelas VF di SD Negeri 47/IV Kota Jambi pada kebutuhan kepentingan informasi diperoleh skor rata-rata sebesar 65,62 dengan kategori tinggi, kebutuhan aktivitas kesenangan diperoleh skor rata-rata sebesar 65,23% dengan kategori tinggi, kebutuhan integratif sosial diperoleh skor rata-rata sebesar 73,43, dan kebutuhan diversi diperoleh skor rata-rata sebesar 66,51. Dari keempat indikator kebutuhan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, diperoleh skor rata-rata yaitu 67,69. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh siswa kelas VF SD Negeri 47/IV Kota Jambi lebih banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan integratif sosialnya yaitu berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dengan menggunakan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dalam dunia pendidikan diharapkan guru lebih memanfaatkan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran sehingga mempersiapkan generasi yang siap menghadapi perkembangan teknologi dan era revolusi 4.0. Selain itu, diharapkan kepada siswa agar lebih memperhatikan dan memprioritaskan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk menggunakan dan memanfaatkannya dengan tepat sesuai kebutuhan pada usianya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | RIKA MAULINA |
Date Deposited: | 15 May 2020 02:03 |
Last Modified: | 15 May 2020 02:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11804 |
Actions (login required)
View Item |