ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU SEKOLAH DASAR DI KELAS TINGGI DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI IINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

PERMATASARI, DENA ZULYANA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU SEKOLAH DASAR DI KELAS TINGGI DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI IINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (297kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)

Abstract

Permatasari, Dena zulyana I. 2020. Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru Sekolah Dasar di Kelas Tinggi dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Pembimbing I. Drs Faizal Chan M.Si. Pembimbing II. Muhammad Sofwan, S.Pd M,Pd. Kata Kunci: Memanfaatkan Teknologi informasi dan komunikasi, Kemampuan TPACK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru kelas tinggi dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guru sekolah dasar harus lebih kreatif dalam menginovasikan TIK ke dalam pembelajaran. Pembelajaran cendruk bersifat abstrak, sehingga visualisasi dan berbagai animasi pembelajaran hasil dari TIK dapat meningkatkan pemahaman. Untuk itu dibutuhkan kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengintegrasikan kedua hal tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif survei, yang menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru kelas tinggi cukup tinggi dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Hal ini terlihat dari kuesioner/angket terhadap indikator kebutuhan media pembelajaran, penguasaan keterampilan menggunakan TIK, kemampuan menggunakan media TIK dan pemahaman terhadap TIK. Adapun hasil persentase yang diperoleh pada indikator pertama sebesar 55,68 % dengan kategori cukup tinggi, pada indikator kedua sebesar 90,48% dengan kategori sangat tinggi, pada indikator ketiga sebesar 84,33% dengan kategori sangat tinggi dan pada indikator keempat sebesar 54% dengan kategori cukup tinggi dengan rata-rata keseluruhan indikator dengan persentase 59,75% dengan kategori cukup tinggi. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru kelas tinggi cukup tinggi dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Negeri 47/IV Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dena Zulyana Permata Sari
Date Deposited: 15 May 2020 03:06
Last Modified: 15 May 2020 03:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11806

Actions (login required)

View Item View Item