Analisis keterlaksanaan model think pair share dan korelasinya dengan hasil belajar siswa kelas x mipa sma islam alfalah kota jambi

Aisyah Husna, Rifa and Haryanto, Haryanto and Sanova, Aulia (2020) Analisis keterlaksanaan model think pair share dan korelasinya dengan hasil belajar siswa kelas x mipa sma islam alfalah kota jambi. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (11kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Husna, R.A. 2020. Analisis Keterlaksanaan Model Think Pair Share (TPS) dan Korelasinya dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X MIPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Haryanto, M.Kes, Pembimbing II: Aulia Sanova, S.T, M.Si Kata kunci: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar dan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Dalam proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Model Think Pair Share (TPS) merupakan model yang memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab penuh untuk memahami materi pelajaran baik secara kolektif maupun individual. Model ini membantu siswa untuk berpikir, berpasangan, dan berbagi antar teman sekelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dan korelasinya dengan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X MIPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) baik dari guru maupun dari siswa dan tes essay. Untuk melihat hubungan keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dengan hasil belajar siswa dilakukan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) oleh siswa sebesar 77,62% dengan kategori baik dan persentase hasil belajar siswa sebesar 72,54%. Korelasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dengan hasil belajar siswa diperoleh rxy=0,75 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dengan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikelas X MIPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Rifa Aisyah Husna
Date Deposited: 15 May 2020 04:00
Last Modified: 29 Jun 2020 07:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11829

Actions (login required)

View Item View Item