Pengembangan Chemistry e-Magazine untuk Melatih Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Materi Hidrokarbon Kelas XI

Anggi Arista, Rini and Effendi, Haris and Bakar, Abu (2020) Pengembangan Chemistry e-Magazine untuk Melatih Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Materi Hidrokarbon Kelas XI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (620kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR DAN LAMPIRAN.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Chemistry e-Magazine merupakan suatu majalah elektronik kimia yang menjadi salah satu sumber belajar peserta didik yang berisi materi yang disertai dengan video pembelajaran serta berisi soal-soal yang dapat melatih serta meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik. Chemistry e-Magazine berfungsi sebagai majalah ilmiah yang dapat dijadikan sebagai pegangan guru atau peserta didik dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Chemistry e-Magazine pada materi hidrokarbon dan untuk mengetahui kelayakan Chemistry e-Magazine pada materi hidrokarbon di SMA Xaverius 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan kerangka ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. pada kerangka pengembangan ADDIE terjadi 2 evaluasi, yakni evaluasi formatif yang terjadi pada setiap tahapan model pengembangan ADDIE dan evaluasi sumatif yang merupakan evaluasi secara keseluruhan. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diimplementasikan pada uji coba di 1 kelas yaitu kelas XI MIPA 1. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif menjadi data interval menggunakan skala Likert dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon ahli materi dan ahli media terhadap Chemistry e-Magazine memberikan respon positif dan dinyatakan “Layak” untuk dilakukan uji coba. Chemistry e-Magazine ini juga mendapat respon positif dari guru mata pelajaran kimia dan direspon positif oleh peserta didik dengan rerata skor 4,42 dengan kriteria “Sangat Baik” pada belahan peserta didik bernomor ganjil dan rerata skor 4,20 dengan kriteria “Sangat Baik” serta diperoleh nilai Kappa sebesar 0,60 dengan kategori “Sedang”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat kesepakatan yang signifikan diantara kedua belahan peserta didik bahwa Chemistry e-Magazine untuk melatih kemampuan argumentasi layak digunakan sebagai bahan ajar dan direspon positif oleh peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: RINI ANGGI ARISTA
Date Deposited: 19 May 2020 03:03
Last Modified: 19 May 2020 03:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11866

Actions (login required)

View Item View Item